Luncurkan Sicantik, DPMPTSP Kota Metro Siap Laksanakan Perizinan Online

SiCantik merupakan Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terintegrasi untuk Publik berbasis sistem cloud yang dapat digunakan oleh instansi pemerintah secara gratis. SiCantik sendiri merupakan aplikasi berbasis web yang terintegrasi dengan Online Single Submission (OSS) untuk perijinan berusaha maupun layanan lain yang dilaksanakan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP). Mengintegrasikan seluruh pelayanan perizinan yang berusaha menjadi kewenangan Menteri/Pimpinan Lembaga, Gubernur, atau Bupati/Walikota yang dilakukan secara elektronik. OSS dibuat dengan tujuan mempermudah sistem perizinan yang lebih mudah dan terintegrasi secara nasional dan untuk menjamin keamanan layanan.

Keunggulan yang ditawarkan oleh SiCantik adalah sebagai berikut:

1.    Mudah (User Friendly), Aplikasi siCANTIK Cloud adalah Platform Aplikasi Perizinan Terpadu berbasis Cloud yang dapat digunakan kapan saja;

2.    Fleksibel dan Dinamis, Aplikasi siCANTIK Cloud dapat dikonfigurasi sesuai dengan SOP pelayanan perizinan maupun non-perizinan di K/L/D;

3.    Cloud Based & Maintenance Free, tidak perlu menyediakan domain, server, hosting dan/atau data center;

4.    Infrastruktur dan Keamanan, Layanan Aplikasi siCANTIK disediakan dan dikelola oleh Kementerian Kominfo.

5.    Menghilangkan tatap muka;

6.    Mempercepat dan mempermudah Proses Perizinan; dan

7.    Efisien, Transparan, Akuntabel.

Mengapa SI CANTIK? Aplikasi SI Cantik disajikan dengan penggunaan yang lebih Mudah (User Friendly) karena berbasis  Cloud yang dapat digunakan  kapan saja. Selain itu, aplikasi ini juga fleksibel dan dinamis yang apat dikonfigurasi sesuai SOP pelayanan perizinan maupun non-perizinan  di K/L/D. Kemudian, aplikasi ini Cloud Based & Maintenance Free yang tidak perlu menyediakan domain, server, hosting atau data center. Terakhir, infrastruktur dan keamanan Si CANTIK dikelola oleh Kementerian Kominfo.

“SiCANTIK merupakan platform aplikasi perizinan berbasis cloud yang dapat digunakan secara gratis baik di PTSP pusat maupun daerah. Dasar penggunaan siCANTIK oleh PTSP antara lain dalam rangka penerapan Perpres Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha. Perpres ini mengamanatkan pelayanan perizinan berusaha yang efisien, mudah, dan terintegrasi. Sebagai tindak lanjut dari Perpres ini, maka diterapkan sistem perizinan berusaha terintegrasi (Online Single Submission/OSS). OSS mengintegrasikan sistem pelayanan perizinan yang ada di kementerian/lembaga dengan sistem perizinan yang digunakan di PTSP provinsi/kabupaten/kota, baik menggunakan siCANTIK atau sistem mandiri milik pemerintah daerah.

“Melalui pelayanan secara elektronik atau PTSP-el, diharapkan DPMPTSP dapat memberikan pelayanan perizinan dan nonperizinan dengan lebih mudah, cepat, tepat, efisien, transparan dan akuntabel”, ujar Edy Pakar selaku Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Metro. PTSP-el telah diamanatkan di Permendagri Nomor 138 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan PTSP Daerah.

Leave your comments

Post comment as a guest

0

People in this conversation

Load Previous Comments

Standard Pelayanan Publik

Profil Investasi Kota Metro Provinsi Lampung