Standar Pelayanan Surat Izin Praktik Ahli Teknologi Laboratorium Medik (SIP-ATLM)

Standar Pelayanan Publik Bagian Service Delivery

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Produk pelayanan

Surat Izin Praktik Ahli Teknologi Laboratorium Medik

(SIP-ATLM)

2.

Persyaratan Pelayanan

  1. Melakukan Pendaftaran secara Online melalui aplikasi “Sicantik Cloud”;
  2. Surat permohonan bermaterai;
  3. Fotokopi KTP yang masih berlaku.
  4. Fotokopi NPWP.
  5. Fotocopi BPJS Ketenagakerjaan atau Kesehatan;
  6. Fotokopi STR dengan menunjukan STR asli.
  7. Rekomendasi dari organisasi profesi di wilayah tempat praktik (Rekomendasi OP)
  8. Fotokopi Ijazah
  9. Izin sarana untuk berpraktik atau bekerja di sarana.
  10. 1Surat keterangan sehat dari dokter yang memiliki surat ijin praktik
  11. Surat keterangan dari pimpinan sarana pelayanan kesehatan yang menyatakan bekerja pada sarana yang bersangkutan
  12. Pas foto pimpinan berwarna 4 x 6 sebanyak 3 lembar
  13. Surat Kuasa bermaterai (jika dikuasakan).

3.

Sistem, mekanisme, dan prosedur

Pendaftaran Dengan Perbantuan

Pendaftaran Online

  1. Pemohon mengajukan pendaftaran izin melalui petugas pelayanan (front office).
  2. Pemohon mengajukan pendaftaran izin secara online dengan mengisi formulir pendaftaran melalui https://sicantikui.layanan.go.id/ dan menyerahkan berkas persyaratan izin.
  3. Pemohon menerima tanda terima berkas elektronik.
  4. Berkas permohonan lengkap, maka berkas akan dilanjutkan ke Back Office untuk diproses.
  5. Kabid Palayanan akan melakukan Penetapan Izin, apabila semua berkas telah lengkap dan sesuai persyaratan, apabila ada berkas perizinan yang belum sesuai akan dikembalikan kepada pemohon untuk diperbaiki.
  6. Pemohon menerima surat izin yang telah ditandatangani dan  surat izin elektronik.
  1. Pemohon mengajukan pendaftaran izin secara online dengan mengisi formulir dan mengupload berkas persyaratan izin melalui portal https://sicantikui.layanan.go.id/.
  2. Pemohon menerima tanda terima berkas elektronik.
  3. Berkas permohonan lengkap, maka berkas akan dilanjutkan ke Back Office untuk diproses.
  4. Kabid Palayanan akan  melakukan Penetapan Izin, apabila semua berkas telah lengkap dan sesuai persyaratan, apabila ada berkas perizinan yang belum sesuai akan dikembalikan kepada pemohon untuk diperbaiki.
  5. Pemohon menerima surat izin yang telah ditandatangani dan  surat izin elektronik.

4.

Jangka waktu penyelesaian

Paling lambat 7 (tujuh) hari kerja sejak permohonan dan persyaratan diterima dengan benar dan lengkap

5.

Biaya/tarif

Tidak dikenakan retribusi.

6.

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

Sarana yang digunakan dalam penanganan pengaduan, saran dan masukan:

  1. Ruang Pengaduan
  2. E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
  3. HP Pengaduan : 085378299993
  4. Telepon : (0725) 49638,49313
  5. Fax: (0725)49313
  6. Kotak saran/pengaduan.
  7. Formulir survey IKM.
  8. E-Pengaduan melalui : pmptsp.metrokota.go.id

Tindak lanjut penanganan aduan, saran dan masukan adalah :

  1. Verifikasi aduan;
  2. Mediasi;
  3. Koordinasi dan cek lokasi;
  4. Penyelesaian/Sanksi.

SDM yang mengampu tugas penanganan aduan, saran dan masukan adalah :

  1. 1 orang staf Seksi Pengaduan dan Informasi Layanan
  2. 1 orang Kasi Pengaduan dan Informasi Layanan
  3. 1 orang Kabid Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan
  4. 1 orang OPD Teknis

Unit yang mengampu tugas penanganan aduan, saran dan masukan adalah Seksi Pengaduan dan Informasi Layanan.

 

Standar Pelayanan Publik Bagian Manufacturing

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

  1. Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2015 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Ahli Tehnologi Laboratorium Medik;
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Kesehatan;
  5. Peraturan Walikota Metro Nomor 4 Tahun 2021 tentang Pemberian Praktik, Izin Penyelenggaraan Sarana Pelayanan Kesehatan, Salon Kecantikan, SPA, Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga, Perusahaan Rumah Tangga Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga dan Laik Hygiene;
  6. Peraturan Walikota Metro Nomor 29 Tahun 2019 Perubahan Kedua Atas Peraturan Walikota Metro Nomor 17 Tahun 2018 tentang Pendelegasian Kewenangan Walikota di Bidang Perizinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Metro.

2.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas

  1. Ruang tunggu yang representatif dan dilengkapi AC.
  2. Parkir Kusus Disabilitas
  3. Kursi Roda
  4. Tempat parkir
  5. Mobil dan sepeda motor dinas
  6. Almari dokumen
  7. Rak arsip
  8. Meja
  9. Kursi
  10. Komputer dan printer
  11. Telepon/Faksimili
  12. Alat tulis kantor
  13. Toilet umum
  14. Jaringan internet
  15. Koran/bahan bacaan
  16. TV
  17. Mushola
  18. Ruang Laktasi dan bermain anak

3.

Jumlah pelaksana

  1. Petugas Front Office 1 orang
  2. Petugas Back Office  1 orang
  3. Kepala Seksi 1 orang
  4. Kepala Bidang 1 orang

4.

Kompetensi Pelaksana

1.  Petugas Front Office :

  1. Berpendidikan minimal SLTA sederajat
  2. Berpenampilan menarik (senyum, salam, sapa, sopan dan santun);
  3. Mampu mengoperasikan komputer
  4. Memahami penggunaan Mengusai Aplikasi Sicantik Cloud dan aplikasi pelayanan perizinan lainnya.
  5. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan baik;
  6. Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan.

2.  Petugas Back Office 

  1. Berpendidikan minimal SLTA sederajat;
  2. Mampu mengoperasikan komputer;
  3. Memahami penggunaan Aplikasi Sicantik Cloud dan aplikasi pelayanan perizinan lainnya;
  4. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan baik;
  5. Mampu bekerja dalam Tim.
  6. Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan.

3.  Kepala Seksi

  1. Berpendidikan minimal Strata Satu (S1);
  2. Memiliki pengetahuan tentang perundang-undangan terkait pelayanan publik;
  3. Memiliki pengetahuan mengenai tata kelola pemerintahan yang baik;
  4. Mampu berkoordinasi dengan efektif dan efisien;
  5. Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan;
  6. Memahami penggunaan aplikasi Sicantik CLoud dan aplikasi pelayanan perizinan lainnya.

4.  Kepala Bidang

  1. Berpendidikan minimal Strata Satu (S1)
  2. Memiliki pengetahuan tentang perundang-undangan terkait pelayanan publik;
  3. Memiliki pengetahuan mengenai tata kelola pemerintahan yang baik;
  4. Mampu berkoordinasi dengan efektif dan efisien;
  5. Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan.
  6. Memahami penggunaan aplikasi Sicantik CLoud dan aplikasi pelayanan perizinan lainnya.

5.

Pengawasan internal

  1. Dilakukan oleh atasan langsung
  2. Dilakukan oleh tim audit internal
  3. Kepala Dinas melakukan pengawasan secara periodik melalui rapat evaluasi
  4. Dilakukan langsung oleh Kepala Dinas melalui CCTV maupun aplikasi yang dapat dipantau langsung di ruang kerja Kepala Dinas

6.

Jaminan pelayanan

  1. Jaminan Kualitas layanan dan produk layanan yang sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) serta didukung petugas yang berkompeten di bidang tugasnya dengan perilaku pelayanan yang ramah, cepat, terampil dan sopan santun
  2. Jaminan pelayanan yang bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme

7.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

  1. Keamanan produk layanan dijamin dengan menggunakan kertas khusus yang berlogo DPMPTSP Kota Metro yang dijamin keasliannya dengan memberikan nomor registrasi yang telah digandakan sebagai arsip kantor.
  2. Surat Izin dibubuhi tanda tangan serta cap basah, sehingga dijamin keasliannya.
  3. Surat Izin dicetak  dengan menggunakan QR Code.

8.

Evaluasi kinerja Pelaksana

  1. Evaluasi kinerja dilakukan melalui e-Survey Kepuasan Masyarakat (e-SKM) melalui mekanisme pengisian kuesioner oleh pengguna layanan.
  2. Evaluasi penerapan Standar Pelayanan dilakukan minimal 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun untuk selanjutnya dilakukan perbaikan untuk menjaga dan meningkatkan mutu serta kinerja pelayanan

 

Download Standar Pelayanan Surat Izin Praktik Ahli Teknologi Laboratorium Medik  (SIP-ATLM) KLIK DI SINI

 

Standard Pelayanan Publik

METRO INVESTMENT GALLERY