Standar Pelayanan Pemenuhan Komitmen Izin Tempat Penampungan Bekerja Migran Indonesia (PK-ITPBMI)

Standar Pelayanan Publik Bagian Service Delivery

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Produk pelayanan

Pemenuhan Komitmen Izin Tempat Penampungan Bekerja Migran Indonesia (PK-ITPBMI)

2.

Persyaratan Pelayanan

Persyaratan pembuatan Pemenuhan Komitmen Izin Tempat Penampungan Bekerja Migran Indonesia (PK-ITPBMI) adalah sebagai berikut :

1.  Melakukan         Pendaftaran         secara        Online melalui aplikasi “Sicantik Cloud”;

2.  Melampirkan Nomor Induk Berusaha (NIB);

3.  Foto kopi KTP Pemilik dan Penanggungjawab ;

4.  Foto kopi Akta pendirian perusahaan dan/atau akta perubahan badan hukum dalam bentuk Perseroan Terbatas (PT) yang memuat kegiatan jasa Penempatan Tenaga Kerja dan telah mendapat pengesahan dari instansi berwenang;

5.  Foto kopi Surat Keterangan Domisili Perusahaan;

6.  Foto kopi NPWP (perseorangan dan perusahaan) ;

8.  Foto kopi Sertifikat Hak Kepemilikan Tanah dan perjanjian kontrak/sewa paling singkat 5 (lima) tahun yang dikuatkan dengan akta notaris;

9.  Foto kopi IMB, SIUP;

10.   Izin Lingkungan yang telah ditandatangani Lurah atau Camat;

11.   Surat Pernyataan dari Penanggungjawab Perusahaan bahwa tidak merangkap jabatan sebagai penanggungjawab pada LPTKS lain;

12.   Bagan struktur organisasi dan personil;

13.   Rencana Kerja LPTKS paling singkat 1 (satu) kedepan;

14.   Pas foto berwarna dengan ukuran 3 x 4 cm sebanyak 3 (tiga) lembar Pemilik dan/atau Penanggungjawab usaha;

15.   Bukti Wajib Lapor ketenagakerjaan yang masih berlaku sesuai dengan perundang-undangan;

16.   Melampirkan data investasi;

17.   Surat kuasa bermaterai bila Pelaku Usaha tidak datang secara langsung;

18.   Surat pernyataan bermaterai ataskebenaran dokumen yang disampaikan;

19.  Surat           kuasa        bermaterai        bila       Pelaku Usaha tidak datang secara langsung.

 

3.

Sistem, mekanisme, dan prosedur

Pendaftaran Dengan Perbantuan

Pendaftaran Online

1.    Pemohon mengajukan pendaftaran izin melalui petugas pelayanan (front office)

2.    Pemohon mengajukan pendaftaran izin secara online dengan mengisi formulir pendaftaran melalui https://sicantikui.layanan.go.id/ dan menyerahkan berkas persyaratan izin

3.    Pemohon menerima tanda terima berkas elektronik

4.    Berkas permohonan lengkap, maka berkas akan dilanjutkan ke Tim Teknis untuk mendapatkan Rekomendasi Teknis.

5.    Bila Tim Teknis Memberikan Rekomendasi maka akan dilanjutkan dengan Penetapan Izin, apabila Tim Teknis tidak memberikan rekomendasi maka berkas perizinan akan dikembalikan kepada pemohon untuk diperbaiki.

6.    Pemohon menerima surat izin yang telah ditandatangani dan  surat izin elektronik

1.   Pemohon mengajukan pendaftaran izin secara online dengan mengisi formulir dan mengupload berkas persyaratan izin melalui portal https://sicantikui.layanan.go.id/

2.   Pemohon menerima tanda terima berkas elektronik

3.   Berkas permohonan lengkap, maka berkas akan dilanjutkan ke Tim Teknis untuk mendapatkan Rekomendasi Teknis.

4.   Bila Tim Teknis Memberikan Rekomendasi maka akan dilanjutkan dengan Penetapan Izin, apabila Tim Teknis tidak memberikan rekomendasi maka berkas perizinan akan dikembalikan kepada pemohon untuk diperbaiki.

5.   Pemohon menerima surat izin yang telah ditandatangani dan  surat izin elektronik

4.

Jangka waktu penyelesaian

Paling lambat 14 (empat belas) hari kerja sejak permohonan dan persyaratan diterima dengan benar dan lengkap

5.

Biaya/tarif

Tidak dikenakan retribusi.

6.

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

Sarana yang digunakan dalam penanganan pengaduan, saran dan masukan:

1.        Ruang Pengaduan

2.        E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

3.        HP Pengaduan : 085378299993

4.        Telepon : (0725) 49638,49313

5.        Fax: (0725)49313

6.        Kotak saran/pengaduan.

7.        Formulir survey IKM.

8.        E-Pengaduan melalui : pmptsp.metrokota.go.id

Tindak lanjut penanganan aduan, saran dan masukan adalah :

1.        Verifikasi aduan;

2.        Mediasi;

3.        Koordinasi dan cek lokasi;

4.        Penyelesaian/Sanksi.

SDM yang mengampu tugas penanganan aduan, saran dan masukan adalah :

1.        1 orang staf Seksi Pengaduan dan Informasi Layanan

2.        1 orang Kasi Pengaduan dan Informasi Layanan

3.        1 orang Kabid Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan

4.        1 orang OPD Teknis

Unit yang mengampu tugas penanganan aduan, saran dan masukan adalah Seksi Pengaduan dan Informasi Layanan.

 

 

Standar Pelayanan Publik Bagian Manufacturing

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

a.        Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;

b.       Kepres Nomor 68 Tahun 1998 tentang Pembinaan Kursus dan Pelatihan Kerja;

c.        Peraturan Menter! Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pemberian Izin Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia;

d.       Peraturan Walikota Metro Nomor 30 Tahun 2020 Tentang Pendelegasian Kewenangan Walikota Metro Di Bidang Perizinan dan Non Perizinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Metro.

 

2.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas

1.        Ruang tunggu yang representatif dan dilengkapi AC.

2.        Parkir Kusus Disabilitas

3.        Kursi Roda

4.        Tempat parkir

5.        Mobil dan sepeda motor dinas

6.        Almari dokumen

7.        Rak arsip

8.        Meja

9.        Kursi

10.    Komputer dan printer

11.    Telepon/Faksimili

12.    Alat tulis kantor

13.    Toilet umum

14.    Jaringan internet

15.    Koran/bahan bacaan

16.    TV

17.    Mushola

18.    Ruang Laktasi dan bermain anak

 

3.

Jumlah pelaksana

1.        Petugas Front Office 1 orang

2.        Petugas Back Office  1 orang

3.        Tim Teknis 1 orang

4.        Kepala Seksi 1 orang

5.        Kepala Bidang 1 orang

 

4.

Kompetensi Pelaksana

1.        Petugas Front Office :

a.      Berpendidikan minimal SLTA sederajat

b.     Berpenampilan menarik (senyum, salam, sapa, sopan dan santun);

c.      Mampu mengoperasikan komputer

d.     Memahami penggunaan aplikasi OSS dan aplikasi Sicantik Cloud.

e.      Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan baik;

f.       Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan.

2.        Petugas Back Office 

a.      Berpendidikan minimal SLTA sederajat

b.     Mampu mengoperasikan komputer

c.      Memahami penggunaan aplikasi OSS dan aplikasi Sicantik Cloud.

d.     Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan baik

e.      Mampu bekerja dalam Tim.

f.       Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan

3.        Tim Teknis

a.        Berpendidikan minimal SLTA sederajat;

b.       Berpenampilan menarik (senyum, salam, sapa, sopan dan santun);

c.        Memiliki pengetahuan tentang  perundang-undangan terkait pelayanan publik;

d.       Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan.

e.        Memiliki kemampuan kerjasama tim.

4.        Kepala Seksi

a.        Berpendidikan minimal Strata Satu (S1)

b.       Memiliki pengetahuan tentang perundang-undangan terkait pelayanan publik;

c.        Memiliki pengetahuan mengenai tata kelola pemerintahan yang baik;

d.       Mampu berkoordinasi dengan efektif dan efisien;

e.        Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan;

f.         Memahami penggunaan aplikasi OSS dan aplikasi Sicantik Cloud.

5.        Kepala Bidang

a.       Berpendidikan minimal Strata Satu (S1)

b.       Memiliki pengetahuan tentang perundang-undangan terkait pelayanan publik;

c.        Memiliki pengetahuan mengenai tata kelola pemerintahan yang baik;

d.       Mampu berkoordinasi dengan efektif dan efisien;

e.       Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan.

f.         Memahami penggunaan aplikasi OSS dan aplikasi Sicantik Cloud.

5.

Pengawasan internal

1.        Dilakukan oleh atasan langsung

2.        Dilakukan oleh tim audit internal

3.        Kepala Dinas melakukan pengawasan secara periodik melalui rapat evaluasi

4.        Dilakukan langsung oleh Kepala Dinas melalui CCTV maupun aplikasi yang dapat dipantau langsung di ruang kerja Kepala Dinas

 

6.

Jaminan pelayanan

1.        Jaminan Kualitas layanan dan produk layanan yang sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) serta didukung petugas yang berkompeten di bidang tugasnya dengan perilaku pelayanan yang ramah, cepat, terampil dan sopan santun

2.        Jaminan pelayanan yang bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme

7.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

1.        Keamanan produk layanan dijamin dengan menggunakan kertas khusus yang berlogo DPMPTSP Kota Metro yang dijamin keasliannya dengan memberikan nomor registrasi yang telah digandakan sebagai arsip kantor.

2.        Surat Izin ditanda tangani secara elektronik yang dijamin oleh Penyelenggara Sertifikasi Elektronik.

3.        Surat Izin dicetak  dengan menggunakan QR Code dan autentifikasi dokumen elektronik dapat diverifikasi melalui scan QR code oleh pemohon.

8.

Evaluasi kinerja Pelaksana

1.        Evaluasi kinerja dilakukan melalui e-Survey Kepuasan Masyarakat (e-SKM) melalui mekanisme pengisian kuesioner oleh pengguna layanan.

2.        Evaluasi penerapan Standar Pelayanan dilakukan minimal 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun untuk selanjutnya dilakukan perbaikan untuk menjaga dan meningkatkan mutu serta kinerja pelayanan

 

Download Standar Pelayanan Pemenuhan Komitmen Izin Tempat Penampungan Bekerja Migran Indonesia (PK-ITPBMI) KLIK DISINI

Standard Pelayanan Publik

METRO INVESTMENT GALLERY