Standar Pelayanan Surat Izin Trayek (SI-T)

Standar Pelayanan Publik Bagian Service Delivery

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Produk pelayanan

Surat Izin Trayek

2.

Persyaratan Pelayanan

a.   Melakukan Pendaftaran secara Online melalui aplikasi “Sicantik Cloud”;

b.   Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik kendaraan;

c.   NPWP;

d.   NIB;

e.   BPJS Ketenaga Kerjaan

f.    Fotocopy Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK);

g.   Fotocopy Buku KIR Kendaraan;

h.   Izin Trayek yang lama (bagi permohonan perpanjangan izin);

i.    Menunjukkan semua dokumen persyaratan yang asli kepada petugas penerimaan berkas

      pada saat pengajuan permohonan penerbitan Izin Trayek;

j.    Pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak 3 (tiga) lembar;

k.   Surat Kuasa bermaterai (jika dikuasakan).

3.

Sistem, mekanisme, dan prosedur

Pendaftaran Manual

Pendaftaran Online

1.  Pemohon mengajukan pendaftaran izin

     melalui petugas pelayanan (front office).

2.  Pemohon mengajukan pendaftaran izin

     secara online dengan mengisi formulir

     pendaftaran melalui 

     https://sicantikui.layanan.go.id/ dan

     menyerahkan berkas persyaratan izin.

3.  Pemohon menerima tanda terima berkas

     elektronik.

4.  Berkas permohonan lengkap, maka akan

     dilanjutkan ke Tim Teknis  untuk 

     Rekomendasi Teknis.

5.  Bila Tim Teknis Memberikan Rekomendasi

     maka akan dilanjutkan dengan Penetapan

     Izin, apabila Tim Teknis tidak memberikan

     rekomendasi maka berkas perizinan akan

     kepada pemohon untuk diperbaiki.

6.  Pemohon membayar pajak di Bank Lampung

     dengan membawa Surat Tanda Setoran yang

     diberikan oleh petugas  pelayanan.

7.  Pemohon menyerahkan Surat Tanda Setoran

     yang telah divalidasi oleh Bank beserta

     berkas persyaratan yang sebelumnya telah

     diupload kepada petugas pelayanan.

8.  Pemohon menerima surat izin yang telah

     ditandatangani dan  surat izin elektronik.

1.  Pemohon mengajukan pendaftaran izin

     secara online dengan mengisi formulir dan

     mengupload berkas persyaratan izin melalui

     portal https://sicantikui.layanan.go.id/

2.  Pemohon menerima tanda terima berkas

     elektronik.

3.  Berkas permohonan lengkap, maka berkas

     akan dilanjutkan ke Tim Teknis untuk

     mendapatkan Rekomendasi Teknis.

4.  Bila Tim Teknis Memberikan Rekomendasi

     maka akan dilanjutkan dengan Penetapan

     Izin, apabila Tim Teknis tidak memberikan

     rekomendasi maka berkas perizinan akan

     dikembalikan kepada pemohon untuk

     diperbaiki.

5.  Pemohon membayar pajak di Bank Lampung

     dengan membawa Surat Tanda Setoran yang

     diberikan oleh petugas pelayanan.

6.   Pemohon menyerahkan Surat Tanda Setoran

      yang telah divalidasi oleh Bank beserta

      berkas persyaratan yang sebelumnya telah

      diupload kepada petugas pelayanan.

7.   Pemohon menerima surat izin yang telah

      ditandatangani dan  surat izin elektronik.

4.

Jangka waktu penyelesaian

Paling lambat 7 (tujuh) hari kerja sejak permohonan dan persyaratan diterima dengan benar dan lengkap .

5.

Biaya/tarif

Rp 150.000,-

6.

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

Sarana yang digunakan dalam penanganan pengaduan, saran dan masukan:

1.   Ruang Pengaduan

2.   E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

3.   HP Pengaduan : 085378299993

4.   Telepon : (0725) 49638,49313

5.   Fax: (0725)49313

6.   Kotak saran/pengaduan.

7.   Formulir survey IKM.

8.   E-Pengaduan melalui : pmptsp.metrokota.go.id

Tindak lanjut penanganan aduan, saran dan masukan adalah :

1.   Verifikasi aduan;

2.   Mediasi;

3.   Koordinasi dan cek lokasi;

4.   Penyelesaian/Sanksi.

SDM yang mengampu tugas penanganan aduan, saran dan masukan adalah :

1.   1 orang staf Seksi Pengaduan dan Informasi Layanan;

2.   1 orang Kasi Pengaduan dan Informasi Layanan;

3.   1 orang Kabid Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan;

4.   1 orang OPD Teknis.

Unit yang mengampu tugas penanganan aduan, saran dan masukan adalah Seksi Pengaduan dan Informasi Layanan.

 

Standar Pelayanan Publik Bagian Manufacturing

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

a.   Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan;

b.   Keputusan Menteri perhubungan Nomor 35 Tahun 2003 tentang Penyelenggaraan

      Angkutan Orang di jalan dan Penyelenggaraan Kendaraan Umum;

c.   Peraturan Daerah Kota Metro Nomor 5 Tahun 2012 tentang Retribusi Perizinan

      Tertentu;

d.   Peraturan Walikota Metro Nomor 28 Tahun 2012 tentang Tata Laksana Pemungutan

      Retribusi Izin Trayek.

e.   Peraturan Walikota Metro Nomor 30 Tahun 2020 Tentang Pendelegasian Kewenangan

      Walikota Metro Di Bidang Perizinan dan Non Perizinan Kepada Kepala Dinas

      Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Metro;

2.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas

1.   Ruang tunggu yang representatif dan dilengkapi AC

2.   Parkir Kusus Disabilitas

3.   Kursi Roda

4.   Tempat parkir

5.   Mobil dan sepeda motor dinas

6.   Almari dokumen

7.   Rak arsip

8.   Meja

9.   Kursi

10. Komputer dan printer

11. Telepon/Faksimili

12. Alat tulis kantor

13. Toilet umum

14. Jaringan internet

15. Koran/bahan bacaan

16. TV

17. Mushola

18. Ruang Laktasi dan bermain anak

3.

Jumlah pelaksana

1.   Petugas Front Office 1 orang;

2.   Petugas Back Office  1 orang;

3.   Bendahara Penerimaan  1 orang;

4.   Tim Teknis 1 orang;

5.   Kepala Seksi 1 orang;

6.   Kepala Bidang 1 orang.

4.

Kompetensi Pelaksana

1.   Petugas Front Office :

      a.   Berpendidikan minimal SLTA sederajat

      b.   Berpenampilan menarik (senyum, salam, sapa, sopan dan santun);

      c.   Mampu mengoperasikan komputer

      d.    Memahami penggunaan aplikasi OSS dan aplikasi Sicantik Cloud.

      e.   Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan baik;

       f.   Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan.

2.    Petugas Back Office 

       a.  Berpendidikan minimal SLTA sederajat

       b.  Mampu mengoperasikan komputer;

       c.  Memahami penggunaan aplikasi OSS dan aplikasi Sicantik Cloud;

       d.  Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan baik;

       e.  Mampu bekerja dalam Tim;

       f.   Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan.

3.    Tim Teknis

       a.  Berpendidikan minimal SLTA sederajat;

       b.  Berpenampilan menarik (senyum, salam, sapa, sopan dan santun);

       c.  Memiliki pengetahuan tentang  perundang-undangan terkait pelayanan publik;

       d.  Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan;

       e.  Memiliki kemampuan kerjasama tim.

4.    Kepala Seksi

       a.  Berpendidikan minimal Strata Satu (S1)

       b.  Memiliki pengetahuan tentang perundang-undangan terkait pelayanan publik;

       c.  Memiliki pengetahuan mengenai tata kelola pemerintahan yang baik;

       d.  Mampu berkoordinasi dengan efektif dan efisien;

       e.  Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan;

       f.   Memahami penggunaan aplikasi OSS dan aplikasi Sicantik Cloud.

5.    Kepala Bidang

       a.  Berpendidikan minimal Strata Satu (S1);

       b.  Memiliki pengetahuan tentang perundang-undangan terkait pelayanan publik;

       c.  Memiliki pengetahuan mengenai tata kelola pemerintahan yang baik;

       d.  Mampu berkoordinasi dengan efektif dan efisien;

       e.  Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan;

       f.   Memahami penggunaan aplikasi OSS dan aplikasi Sicantik Cloud.

5.

Pengawasan internal

1.    Dilakukan oleh atasan langsung;

2.    Dilakukan oleh tim audit internal;

3.    Kepala Dinas melakukan pengawasan secara periodik melalui rapat evaluasi;

4.    Dilakukan langsung oleh Kepala Dinas melalui CCTV maupun aplikasi yang dapat

       dipantau langsung di ruang kerja Kepala Dinas;

6.

Jaminan pelayanan

1.    Jaminan Kualitas layanan dan produk layanan yang sesuai Standar Operasional

       Prosedur (SOP) serta didukung petugas yang berkompeten di bidang tugasnya

       dengan perilaku pelayanan yang ramah, cepat, terampil dan sopan santun

2.    Jaminan pelayanan yang bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme

7.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

1.    Keamanan produk layanan dijamin dengan menggunakan kertas khusus yang berlogo

       DPMPTSP Kota Metro yang dijamin keasliannya dengan memberikan nomor registrasi

       yang telah digandakan sebagai arsip kantor.

2.    Surat Izin ditanda tangani secara elektronik yang dijamin oleh Penyelenggara

       Sertifikasi Elektronik.

3.    Surat Izin dicetak  dengan menggunakan QR Code dan autentifikasi dokumen

       elektronik dapat diverifikasi melalui scan QR code oleh pemohon.

8.

Evaluasi kinerja Pelaksana

1.    Evaluasi kinerja dilakukan melalui e-Survey Kepuasan Masyarakat (e-SKM) melalui 

       mekanisme pengisian kuesioner oleh pengguna layanan.

2.    Evaluasi penerapan Standar Pelayanan dilakukan minimal 2 (dua) kali dalam 1

       (satu) tahun untuk selanjutnya dilakukan perbaikan untuk menjaga dan

       meningkatkan mutu serta kinerja pelayanan.

 

Download Standar Pelayanan Surat Izin Trayek (SI-T) KLIK DI SINI

 

Standard Pelayanan Publik

METRO INVESTMENT GALLERY