Standar Pelayanan Pemenuhan Komitmen Izin Usaha Simpan Pinjam (PK-IUSP)

Standar Pelayanan Publik Bagian Service Delivery

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Produk pelayanan

Pemenuhan Komitmen Izin Usaha Simpan Pinjam (PK-IUSP).

2.

Persyaratan Pelayanan

1.       Melakukan Pendaftaran secara Online melalui aplikasi “Sicantik Cloud”;

2.       Surat Permohonan;

3.       Melampirkan Nomor Induk Berusaha (NIB);

4.       BPJS Ketenaga Kerjaan;

5.       Pas foto berwarna terbaru 3 x 4 cm 3 lembar;

6.       Persyaratan Pembukaan Kantor Pusat :

a.    Surat permohonan pengajuan izin usaha simpan pinjam;

b.   Foto kopi PBB;

c.    Foto kopi NPWP;

d.   Foto kopi pengesahaan akte pendirian/ perubahan anggaran dasar koperasi beserta surat keputusannya;

e.    Foto kopi surat bukti setoran modal dalam bentuk deposito bank;

f.     Daftar riwayat hidup pengurus dan pengawas serta Foto kopi KTP;

g.    Foto kopi nomor rekening atas nama koperasi;

h.   Rencana kerja selama 2 (dua) tahun.

7.       Persyaratan Pembukaan Kantor Cabang Dan Kantor Cabang Pembantu :

a.    Surat keterangan domisili perusahaan;

b.   Foto kopi anggaraan dasar dan rumah tangga;

c.    Modal kerja untuk kantor cabang dan kantor cabang pembantu;

d.   Foto kopi hasil peniliaan kesehatan dengan predikat kesehatan sekurangkurangnya cukup sehat;

e.    Daftar sarana kerja beserta kondisi fisiknya;

f.     Neraca dan perhitungan hasil usaha koperasi yang bersangkutan dalam 1 (satu) tahun terakhir;

g.    Daftar nama dan riwayat hidup calon pimpinan dan daftar nama calon karyawan kantor cabang;

h.   Rencana kerja kantor cabang paling sedikit setahun;

i.     Calon kepala cabang wajib memiliki sertifkat kompetensi;

j.     Foto kopi KTP;

k.   Foto kopi NPWP;

l.     Foto kopi PBB.

8.       Persyaratan Pembukaan Kantor Kas :

a. Memiliki kantor cabang dan kantor cabang pembantu;

b. Nama calon kepala kantor kas;

c. Surat keterangan domisili perusahaan.

9.       Melampirkan data investasi;

10.    Surat kuasa bermaterai bila Pelaku Usaha tidak datang secara langsung;

11.    Surat pernyataan bermaterai atas kebenaran dokumen yang disampaikan.

3.

Sistem, mekanisme, dan prosedur

Pendaftaran Dengan Perbantuan

Pendaftaran Online

1.    Pemohon mengajukan pendaftaran izin melalui petugas pelayanan (front office).

2.    Pemohon mengajukan pendaftaran izin secara online dengan mengisi formulir pendaftaran melalui https://sicantikui.layanan.go.id/ dan menyerahkan berkas persyaratan izin.

3.    Pemohon menerima tanda terima berkas elektronik.

4.    Berkas permohonan lengkap, maka berkas akan dilanjutkan ke Tim Teknis untuk mendapatkan Rekomendasi Teknis.

5.    Bila Tim Teknis Memberikan Rekomendasi maka akan dilanjutkan dengan Penetapan Izin, apabila Tim Teknis tidak memberikan rekomendasi maka berkas perizinan akan dikembalikan kepada pemohon untuk diperbaiki.

6.    Pemohon menerima surat izin yang telah ditandatangani dan  surat izin elektronik.

1.   Pemohon mengajukan pendaftaran izin secara online dengan mengisi formulir dan mengupload berkas persyaratan izin melalui portal https://sicantikui.layanan.go.id/.

2.   Pemohon menerima tanda terima berkas elektronik.

3.   Berkas permohonan lengkap, maka berkas akan dilanjutkan ke Tim Teknis untuk mendapatkan Rekomendasi Teknis.

4.   Bila Tim Teknis Memberikan Rekomendasi maka akan dilanjutkan dengan Penetapan Izin, apabila Tim Teknis tidak memberikan rekomendasi maka berkas perizinan akan dikembalikan kepada pemohon untuk diperbaiki.

5.   Pemohon menerima surat izin yang telah ditandatangani dan  surat izin elektronik.

4.

Jangka waktu penyelesaian

Paling lambat 7 (tujuh) hari kerja sejak permohonan dan persyaratan diterima dengan benar dan lengkap.

5.

Biaya/tarif

Tidak dikenakan retribusi.

6.

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

Sarana yang digunakan dalam penanganan pengaduan, saran dan masukan:

1.        Ruang Pengaduan

2.        E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

3.        HP Pengaduan : 085378299993

4.        Telepon : (0725) 49638,49313

5.        Fax: (0725)49313

6.        Kotak saran/pengaduan

7.        Formulir survey IKM

8.        E-Pengaduan melalui : pmptsp.metrokota.go.id

Tindak lanjut penanganan aduan, saran dan masukan adalah :

1.        Verifikasi aduan;

2.        Mediasi;

3.        Koordinasi dan cek lokasi;

4.        Penyelesaian/Sanksi.

SDM yang mengampu tugas penanganan aduan, saran dan masukan adalah :

1.        1 orang staf Seksi Pengaduan dan Informasi Layanan;

2.        1 orang Kasi Pengaduan dan Informasi Layanan;

3.        1 orang Kabid Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan;

4.        1 orang OPD Teknis.

Unit yang mengampu tugas penanganan aduan, saran dan masukan adalah Seksi Pengaduan dan Informasi Layanan.

 

 

Standar Pelayanan Publik Bagian Manufacturing

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

1.        Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;

2.        Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian;

3.        Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik;

4.        Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 15/Per/M.KUKM/IX/2015 tentang Usaha Simpan Pinjam oleh Koperasi;

5.        Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 11/PER/M.KUKM/XII/2017 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah oleh Koperasi (Berita Negara Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 2018);

6.        Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2018 tentang Perizinan Usaha Simpan Pinjam Koperasi;

7.        Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 11 Tahun 2018 tentang Perizinan Usaha Simpan Pinjam Koperasi;

8.        Peraturan Walikota Metro Nomor 3 Tahun 2018 tentang Perkoperasian;

9.        Peraturan Walikota Metro Nomor 30 Tahun 2020 tentang Pendelegasian Kewenangan Walikota Metro di Bidang Perizinan dan Non Perizinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Metro.

2.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas

1.        Ruang tunggu yang representatif dan dilengkapi AC.

2.        Parkir Kusus Disabilitas

3.        Kursi Roda

4.        Tempat parkir

5.        Mobil dan sepeda motor dinas

6.        Almari dokumen

7.        Rak arsip

8.        Meja

9.        Kursi

10.    Komputer dan printer

11.    Telepon/Faksimili

12.    Alat tulis kantor

13.    Toilet umum

14.    Jaringan internet / Wi-Fi

15.    Koran/bahan bacaan

16.    TV

17.    Mushola

18.    Ruang Laktasi dan bermain anak

3.

Jumlah pelaksana

1.        Petugas Front Office 1 orang.

2.        Petugas Back Office  1 orang.

3.        Tim Teknis 1 orang.

4.        Kepala Seksi 1 orang.

5.        Kepala Bidang 1 orang.

4.

Kompetensi Pelaksana

1.        Petugas Front Office :

a.      Berpendidikan minimal SLTA sederajat;

b.     Berpenampilan menarik (senyum, salam, sapa, sopan dan santun);

c.      Mampu mengoperasikan komputer;

d.     Memahami penggunaan Mengusai Aplikasi Sicantik Cloud dan aplikasi pelayanan perizinan lainnya;

e.      Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan baik;

f.       Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan.

2.        Petugas Back Office 

a.       Berpendidikan minimal SLTA sederajat;

b.       Mampu mengoperasikan komputer;

c.        Memahami penggunaan Aplikasi Sicantik Cloud dan aplikasi pelayanan perizinan lainnya;

d.       Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan baik;

e.       Mampu bekerja dalam Tim;

f.         Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan.

3.        Tim Teknis

a.        Berpendidikan minimal SLTA sederajat;

b.       Berpenampilan menarik (senyum, salam, sapa, sopan dan santun);

c.        Memiliki pengetahuan tentang  perundang-undangan terkait pelayanan publik;

d.       Memahami penggunaan Aplikasi Sicantik Cloud;

e.        Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan;

f.         Memiliki kemampuan kerjasama tim.

4.        Kepala Seksi

a.        Berpendidikan minimal Strata Satu (S1);

b.       Memiliki pengetahuan tentang perundang-undangan terkait pelayanan publik;

c.        Memiliki pengetahuan mengenai tata kelola pemerintahan yang baik;

d.       Mampu berkoordinasi dengan efektif dan efisien;

e.        Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan;

f.         Memahami penggunaan aplikasi Sicantik CLoud dan aplikasi pelayanan perizinan lainnya.

5.        Kepala Bidang

a.       Berpendidikan minimal Strata Satu (S1);

b.       Memiliki pengetahuan tentang perundang-undangan terkait pelayanan publik;

c.        Memiliki pengetahuan mengenai tata kelola pemerintahan yang baik;

d.       Mampu berkoordinasi dengan efektif dan efisien;

e.       Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan;

f.         Memahami penggunaan aplikasi Sicantik CLoud dan aplikasi pelayanan perizinan lainnya.

5.

Pengawasan internal

1.        Dilakukan oleh atasan langsung.

2.        Dilakukan oleh tim audit internal.

3.        Kepala Dinas melakukan pengawasan secara periodik melalui rapat evaluasi.

4.        Dilakukan langsung oleh Kepala Dinas melalui CCTV maupun aplikasi yang dapat dipantau langsung di ruang kerja Kepala Dinas.

 

6.

Jaminan pelayanan

1.        Jaminan Kualitas layanan dan produk layanan yang sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) serta didukung petugas yang berkompeten di bidang tugasnya dengan perilaku pelayanan yang ramah, cepat, terampil dan sopan santun.

2.        Jaminan pelayanan yang bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme.

7.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

1.        Keamanan produk layanan dijamin dengan menggunakan kertas khusus yang berlogo DPMPTSP Kota Metro yang dijamin keasliannya dengan memberikan nomor registrasi yang telah digandakan sebagai arsip kantor.

2.        Surat Izin ditanda tangani secara elektronik yang dijamin oleh Penyelenggara Sertifikasi Elektronik.

3.        Surat Izin dicetak  dengan menggunakan QR Code dan autentifikasi dokumen elektronik dapat diverifikasi melalui scan QR code oleh pemohon.

8.

Evaluasi kinerja Pelaksana

1.        Evaluasi kinerja dilakukan melalui e-Survey Kepuasan Masyarakat (e-SKM) melalui mekanisme pengisian kuesioner oleh pengguna layanan.

2.        Evaluasi penerapan Standar Pelayanan dilakukan minimal 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun untuk selanjutnya dilakukan perbaikan untuk menjaga dan meningkatkan mutu serta kinerja pelayanan.

 

 Download Standar Pelayanan Pemenuhan Komitmen Izin Usaha Simpan Pinjam (PK-IUSP) KLIK DISINI

Standard Pelayanan Publik

METRO INVESTMENT GALLERY