Standar Pelayanan Pemenuhan Komitmen Tanda Daftar Usaha Pariwisata (PK-TDUP)

Standar Pelayanan Publik Bagian Service Delivery

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Produk pelayanan

Pemenuhan Komitmen Tanda Daftar Usaha Pariwisata (PK-TDUP).

2.

Persyaratan Pelayanan

1.    Melakukan Pendaftaran secara Online melalui aplikasi “Sicantik Cloud”;

2.    Surat Permohonan;

3.    Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pemilik/Penanggungjawab;

4.    Fotokopi NPWP pemohon;

5.    Fotokopi Akte Notaris atau Badan Hukum;

6.    Surat Pernyataan Persetujuan Tetangga beserta Fotokopi KTP yang diketahui

       oleh Lurah setempat;

7.    Fotokopi Nomor Induk Berusaha (NIB);

8.    Fotokopi Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan;

9.    Fotokopi IMB, bukti kepemilikan atau perjanjian sewa lahan/bangunan;

10.  Amdal/UKL/UPL atau SPPL;

11.  Rekomendasi dari Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Metro;

12.  Fotokopi BPJS Ketenaga Kerjaan;

13.  Fotokopi SIUP jika berbadan usaha;

14.  Pas foto berwarna terbaru 3 x 4 cm 3 lembar;

15.  Surat Kuasa bermaterai (jika dikuasakan).

3.

  

 

Sistem, mekanisme, dan prosedur

 

Pendaftaran Dengan Perbantuan

Pendaftaran Online

1.    Pemohon mengajukan pendaftaran izin melalui

       petugas pelayanan (front office).

2.    Pemohon mengajukan pendaftaran izin secara

       online dengan mengisi formulir pendaftaran

       melalui https://sicantikui.layanan.go.id/

       dan menyerahkan berkas persyaratan izin.

3.    Pemohon menerima tanda terima berkas

       elektronik.

4.    Berkas permohonan lengkap, maka berkas akan

       dilanjutkan ke Tim Teknis untuk mendapatkan

       Rekomendasi Teknis.

5.    Bila Tim Teknis Memberikan Rekomendasi maka

       akan dilanjutkan dengan Penetapan Izin, apabila

       Tim Teknis tidak memberikan rekomendasi maka

       berkas perizinan akan dikembalikan kepada

       pemohon untuk diperbaiki.

6.    Pemohon menerima surat izin yang telah

       ditandatangani dan  surat izin elektronik.

1.  Pemohon mengajukan pendaftaran izin

     secara online dengan mengisi formulir  dan 

     mengupload berkas persyaratan izin melalui

     portal https://sicantikui.layanan.go.id/.

2.  Pemohon menerima tanda terima berkas

     elektronik.

3.  Berkas permohonan lengkap, maka berkas 

     akan dilanjutkan ke Tim Teknis untuk 

     mendapatkan Rekomendasi Teknis.

4.  Bila Tim Teknis Memberikan Rekomendasi

     maka akan dilanjutkan dengan Penetapan

     Izin, apabila Tim Teknis tidak memberikan

     rekomendasi maka berkas perizinan akan

     dikembalikan kepada pemohon untuk

     diperbaiki.

5.   Pemohon menerima surat izin yang telah

      ditandatangani dan  surat izin elektronik.

4.

Jangka waktu penyelesaian

Paling lambat 7 (tujuh) hari kerja sejak permohonan dan persyaratan diterima dengan benar dan lengkap.

5.

Biaya/tarif

Tidak dikenakan retribusi.

6.

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

 

Sarana yang digunakan dalam penanganan pengaduan, saran dan masukan:

1.    Ruang Pengaduan

2.    E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

3.    HP Pengaduan : 085378299993

4.    Telepon : (0725) 49638, 49313

5.    Fax: (0725) 49313

6.    Kotak saran/pengaduan

7.    Formulir survey IKM

8.    E-Pengaduan melalui : pmptsp.metrokota.go.id

Tindak lanjut penanganan aduan, saran dan masukan adalah :

1.    Verifikasi aduan;

2.    Mediasi;

3.    Koordinasi dan cek lokasi;

4.    Penyelesaian/Sanksi.

SDM yang mengampu tugas penanganan aduan, saran dan masukan adalah :

1.    1 orang staf Seksi Pengaduan dan Informasi Layanan;

2.    1 orang Kasi Pengaduan dan Informasi Layanan;

3.    1 orang Kabid Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan;

4.    1 orang OPD Teknis.

Unit yang mengampu tugas penanganan aduan, saran dan masukan adalah Seksi Pengaduan dan Informasi Layanan.

 

Standar Pelayanan Publik Bagian Manufacturing

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

a.   Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;

b.   Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan;

c.   Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor  85/HK.501/MKP/2010  tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha

      Jasa Perjalanan Wisata;

d.   Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor  86/HK.501/MKP/2010 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha

      Penyediaan Akomodasi;

e.   Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor  87/HK.501/MKP/2010 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha

      Jasa Makanan dan Minuman;

f.    Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor  88/HK.501/MKP/2010 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha

      Kawasan Pariwisata;

g.   Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor  89/HK.501/MKP/2010 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha

      Jasa Transportasi Wisata;

h.   Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor  90/HK.501/MKP/2010 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha

      Daya Tarik Wisata;

i.    Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor  91/HK.501/MKP/2010 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha

      Penyelenggaraan Kegiatan Hiburan dan Rekreasi;

j.    Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor  92/HK.501/MKP/2010 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha

      Jasa Pramuwisata;

k.   Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor  93/HK.501/MKP/2010 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha

      Jasa Penyelenggaraan Pertemuan, Perjalanan Intensif, Konferensi dan Pameran;

l.    Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor  94/HK.501/MKP/2010 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha

      Jasa Konsultan Pariwisata;

m.  Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor  95/HK.501/MKP/2010 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha

      Jasa Informasi Pariwisata;

n.   Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor  96/HK.501/MKP/2010 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha

      Wisata Tirta;

o.   Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor  97/HK.501/MKP/2010 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha

      SPA;

p.   Peraturan Menteri Pariwisata Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan

      Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Pariwisata;

q.   Peraturan Walikota Nomor 47 Tahun 2014 tentang Tata cara Pendaftaran Usaha Pariwisata;

r.    Peraturan Walikota Metro Nomor 30 Tahun 2020 tentang Pendelegasian Kewenangan Walikota Metro

      Di Bidang Perizinan dan Non Perizinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan

      Terpadu Satu Pintu Kota Metro.

2.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas

1.   Ruang tunggu yang representatif dan dilengkapi AC

2.   Parkir Khusus Disabilitas

3.   Kursi Roda

4.   Tempat parkir

5.   Mobil dan sepeda motor dinas

6.   Almari dokumen

7.   Rak arsip

8.   Meja

9.   Kursi

10. Komputer dan printer

11. Telepon/Faksimili

12. Alat tulis kantor

13. Toilet umum

14. Jaringan internet

15. Koran/bahan bacaan

16. TV

17. Mushola

18. Ruang Laktasi dan bermain anak

3.

Jumlah pelaksana

1.   Petugas Front Office 1 orang.

2.   Petugas Back Office  1 orang.

3.   Tim Teknis 1 orang.

4.   Kepala Seksi 1 orang.

5.   Kepala Bidang 1 orang.

4.

Kompetensi Pelaksana

1.   Petugas Front Office :

      a.  Berpendidikan minimal SLTA sederajat;

      b.  Berpenampilan menarik (senyum, salam, sapa, sopan dan santun);

      c.  Mampu mengoperasikan komputer;

      d.  Memahami penggunaan aplikasi OSS dan aplikasi Sicantik Cloud;

      e.  Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan baik;

       f.  Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan.

2.   Petugas Back Office 

      a.  Berpendidikan minimal SLTA sederajat;

      b.  Mampu mengoperasikan komputer;

      c.  Memahami penggunaan aplikasi OSS dan aplikasi Sicantik Cloud;

      d.  Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan baik;

      e.  Mampu bekerja dalam Tim;

       f.  Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan.

3.    Tim Teknis

      a.  Berpendidikan minimal SLTA sederajat;

      b.  Berpenampilan menarik (senyum, salam, sapa, sopan dan santun);

      c.  Memiliki pengetahuan tentang  perundang-undangan terkait pelayanan publik;

      d.  Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan;

      e.  Memiliki kemampuan kerjasama tim.

4.   Kepala Seksi

      a.  Berpendidikan minimal Strata Satu (S1);

      b.  Memiliki pengetahuan tentang perundang-undangan terkait pelayanan publik;

      c.  Memiliki pengetahuan mengenai tata kelola pemerintahan yang baik;

      d.  Mampu berkoordinasi dengan efektif dan efisien;

      e.  Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan;

       f.  Memahami penggunaan aplikasi OSS dan aplikasi Sicantik Cloud.

5.   Kepala Bidang

      a.  Berpendidikan minimal Strata Satu (S1);

      b.  Memiliki pengetahuan tentang perundang-undangan terkait pelayanan publik;

      c.  Memiliki pengetahuan mengenai tata kelola pemerintahan yang baik;

      d.  Mampu berkoordinasi dengan efektif dan efisien;

      e.  Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan;

       f.  Memahami penggunaan aplikasi OSS dan aplikasi Sicantik Cloud.

5.

Pengawasan internal

1.   Dilakukan oleh atasan langsung.

2.   Dilakukan oleh tim audit internal.

3.   Kepala Dinas melakukan pengawasan secara periodik melalui rapat evaluasi.

4.   Dilakukan langsung oleh Kepala Dinas melalui CCTV maupun aplikasi yang dapat dipantau langsung

      di ruang kerja Kepala Dinas.

6.

Jaminan pelayanan

1.   Jaminan Kualitas layanan dan produk layanan yang sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) serta

      didukung petugas yang berkompeten di bidang tugasnya dengan perilaku pelayanan yang ramah,

      cepat, terampil dan sopan santun.

2.   Jaminan pelayanan yang bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme.

7.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

1.   Keamanan produk layanan dijamin dengan menggunakan kertas khusus yang berlogo DPMPTSP

      Kota Metro yang dijamin keasliannya dengan memberikan nomor registrasi yang telah digandakan

      sebagai arsip kantor.

2.   Surat Izin ditanda tangani secara elektronik yang dijamin oleh Penyelenggara Sertifikasi Elektronik.

3.   Surat Izin dicetak  dengan menggunakan QR Code dan autentifikasi dokumen elektronik dapat

      diverifikasi melalui scan QR code oleh pemohon.

8.

Evaluasi kinerja Pelaksana

1.   Evaluasi kinerja dilakukan melalui e-Survey Kepuasan Masyarakat (e-SKM) melalui mekanisme

      pengisian kuesioner oleh pengguna layanan.

2.   Evaluasi penerapan Standar Pelayanan dilakukan minimal 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun untuk

      selanjutnya dilakukan perbaikan untuk menjaga dan meningkatkan mutu serta kinerja pelayanan.

 

Download Standar Pelayanan Pemenuhan Komitmen Tanda Daftar Usaha Pariwisata (PK-TDUP) KLIK DI SINI 

Standard Pelayanan Publik

METRO INVESTMENT GALLERY