Standar Pelayanan Pemenuhan Komitmen Izin Penyelenggaraan Kursus (PK-IPK)

Standar Pelayanan Publik Bagian Service Delivery

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Produk pelayanan

Pemenuhan Komitmen Izin Penyelenggaraan Kursus (PK-IPK).

2.

Persyaratan Pelayanan

I.   Objek Izin Penyelengaraan Lembaga Kursus Dan Pelatihan adalah setiap

      Penyelenggaraan Kursus dan pelatihan yang menambah pengetahuan dan ketrampilan;

II.  Subjek Izin Penyelengaraan Lembaga Kursus Dan Pelatihan adalah setiap Lembaga

      kursus dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Perseorangan, Sekelompok Orang,

      Lembaga Sosial/Yayasan, Perseroan Terbatas, Badan Hukum dan atau Badan Usaha

      dengan atau tanpa mencantumkan kata kursus yang menyelenggarakan kegiatan

      khusus;

III. Usaha yang termasuk Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) adalah:

      1.   Kursus Bahasa Asing/Inggris;

      2.   Kursus/Bimbingan Belajar;

      3.   Kursus Tata Rias Pengantin;

      4.   Kursus kecantikan kulit dan sejenisnya;

      5.   Kursus Perikanan, Pertanian, Peternakan;

      6.   Kursus Akuntansi;

      7.   Kursus Spa;

      8.   Kursus Membatik, Animasi, Seni Ukir, Kerajinan Perak;

      9.   Kursus/Pelatihan Pengacara dan sejenisnya;

      10. Kursus komputer;

      11. Kursus/Pelatihan senam dan sejenisnya;

      12. Kursus mengetik;

IV.   Persyaratan pembuatan Izin Penyelenggaraan Lembaga Kursus dan Pelatihan adalah

       sebagai berikut :

       1.   Surat Permohonan;

       2.   Fotokopi KTP Pemilik/Penanggung Jawab/Direktur;

       3.   Fotokopi NPWP;

       4.   NIB;

       5.   BPJS Ketenagakerjaan;

       6.   Kurikulum / Silabus;

       7.   Profil Lembaga Kursus;

       8.   Fotokopi IMB, Surat kepemilikan /penguasaan tanah/ perjanjian sewa;

       9.   Fotokopi pendirian Akta Pendirian Perusahaan badan usaha/badan hukum;

       10. Surat Keterangan persetujuan tetangga yang diketahui oleh Lurah dan Camat;

       11. Denah Lokasi;

       12. Daftar Riwayat Hidup Pemilik/ Penyelenggara;

       13. Fotokopi Ijazah dan setifikat yang relevan untuk sumber belajar;

       14. Daftar sarana dan prasarana kursus yang dimiliki sesuai dengan program kursus

             yangdiselenggarakan;

       15. Pas foto berwarna 3 x 4 cm sebanyak 2 lembar;

       16. Surat Kuasa bermaterai (jika dikuasakan).

  

Sistem, mekanisme, dan prosedur

Pendaftaran Dengan Perbantuan

Pendaftaran Online

1.  Pemohon mengajukan pendaftaran izin melalui

      petugas pelayanan (front office).

2.  Pemohon mengajukan pendaftaran izin secara

     online dengan mengisi formulir pendaftaran

     melalui https://sicantikui.layanan.go.id/ dan

     menyerahkan berkas persyaratan izin.

3.  Pemohon menerima tanda terima berkas

     elektronik.

4.  Berkas permohonan lengkap, maka berkas akan

     dilanjutkan ke Tim Teknis untuk mendapatkan

     Rekomendasi Teknis.

5.  Bila Tim Teknis Memberikan Rekomendasi maka

     akan dilanjutkan dengan Penetapan Izin, apabila

     Tim Teknis tidak memberikan rekomendasi maka

     berkas perizinan akan dikembalikan kepada

     pemohon untuk diperbaiki.

6.  Pemohon menerima surat izin yang telah

     ditandatangani dan  surat izin elektronik.

1.  Pemohon mengajukan pendaftaran izin

     secara online dengan mengisi formulir dan

     mengupload berkas persyaratan izin

     melalui portal 

     https://sicantikui.layanan.go.id/.

2.  Pemohon menerima tanda terima berkas

     elektronik.

3.  Berkas permohonan lengkap, maka berkas

     akan dilanjutkan ke Tim Teknis untuk

     mendapatkan Rekomendasi Teknis.

4.  Bila Tim Teknis Memberikan Rekomendasi

     maka akan dilanjutkan dengan Penetapan

     Izin, apabila Tim Teknis tidak memberikan

     rekomendasi maka berkas perizinan akan

     dikembalikan kepada pemohon untuk

     diperbaiki.

5.  Pemohon menerima surat izin yang telah

     ditandatangani dan  surat izin elektronik.

4.

Jangka waktu penyelesaian

Paling lambat 7 (tujuh) hari kerja sejak permohonan dan persyaratan diterima dengan benar dan lengkap.

5.

Biaya/tarif

Tidak dikenakan retribusi.

6.

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

Sarana yang digunakan dalam penanganan pengaduan, saran dan masukan:

1.     Ruang Pengaduan

2.     E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

3.     HP Pengaduan : 085378299993

4.     Telepon : (0725) 49638, 49313

5.     Fax: (0725) 49313

6.     Kotak saran/pengaduan

7.     Formulir survey IKM

8.     E-Pengaduan melalui : pmptsp.metrokota.go.id

Tindak lanjut penanganan aduan, saran dan masukan adalah :

1.     Verifikasi aduan;

2.     Mediasi;

3.     Koordinasi dan cek lokasi;

4.     Penyelesaian/Sanksi.

SDM yang mengampu tugas penanganan aduan, saran dan masukan adalah :

1.    1 orang staf Seksi Pengaduan dan Informasi Layanan;

2.    1 orang Kasi Pengaduan dan Informasi Layanan;

3.    1 orang Kabid Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan;

4.    1 orang OPD Teknis.

Unit yang mengampu tugas penanganan aduan, saran dan masukan adalah Seksi Pengaduan dan Informasi Layanan.

Standar Pelayanan Publik Bagian Manufacturing

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

a.   Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;

b.   Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;

c.   Kepres Nomor 68 Tahun 1998 tentang Pembinaan Kursus dan Pelatihan Kerja;

d.   Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 25 Tahun 2018 tentang

      Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Pendidikan dan Kebudayaan

      (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 896);

e.   Peraturan Walikota Metro Nomor 17 Tahun 2011 tentang Izin Penyelenggaraan 

      Lembaga Kursus dan Pelatihan;

f.    Peraturan Walikota Metro Nomor 30 Tahun 2020 tentang Pendelegasian Kewenangan

      Walikota Metro Di Bidang Perizinan dan Non Perizinan Kepada Kepala Dinas

      Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Metro.

2.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas

1.   Ruang tunggu yang representatif dan dilengkapi AC

2.   Parkir Khusus Disabilitas

3.   Kursi Roda

4.   Tempat parkir

5.   Mobil dan sepeda motor dinas

6.   Almari dokumen

7.   Rak arsip

8.   Meja

9.   Kursi

10. Komputer dan printer

11. Telepon/Faksimili

12. Alat tulis kantor

13. Toilet umum

14. Jaringan internet

15. Koran/bahan bacaan

16. TV

17. Mushola

18. Ruang Laktasi dan bermain anak

3.

Jumlah pelaksana

1.   Petugas Front Office 1 orang.

2.   Petugas Back Office  1 orang.

3.   Tim Teknis 1 orang.

4.   Kepala Seksi 1 orang.

5.   Kepala Bidang 1 orang.

4.

Kompetensi Pelaksana

1.   Petugas Front Office :

      a.       Berpendidikan minimal SLTA sederajat;

      b.       Berpenampilan menarik (senyum, salam, sapa, sopan dan santun);

      c.       Mampu mengoperasikan komputer;

      d.       Memahami penggunaan aplikasi OSS dan aplikasi Sicantik Cloud;

      e.       Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan baik;

      f.        Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan.

2.   Petugas Back Office 

      a.       Berpendidikan minimal SLTA sederajat;

      b.       Mampu mengoperasikan komputer;

      c.       Memahami penggunaan aplikasi OSS dan aplikasi Sicantik Cloud;

      d.       Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan baik;

      e.       Mampu bekerja dalam Tim;

      f.        Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan.

3.   Tim Teknis

      a.       Berpendidikan minimal SLTA sederajat;

      b.       Berpenampilan menarik (senyum, salam, sapa, sopan dan santun);

      c.       Memiliki pengetahuan tentang  perundang-undangan terkait pelayanan publik;

      d.       Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan;

      e.       Memiliki kemampuan kerjasama tim.

4.   Kepala Seksi

      a.       Berpendidikan minimal Strata Satu (S1);

      b.       Memiliki pengetahuan tentang perundang-undangan terkait pelayanan publik;

      c.       Memiliki pengetahuan mengenai tata kelola pemerintahan yang baik;

      d.       Mampu berkoordinasi dengan efektif dan efisien;

      e.       Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan;

       f.       Memahami penggunaan aplikasi OSS dan aplikasi Sicantik Cloud.

5.    Kepala Bidang

       a.      Berpendidikan minimal Strata Satu (S1);

       b.      Memiliki pengetahuan tentang perundang-undangan terkait pelayanan publik;

       c.      Memiliki pengetahuan mengenai tata kelola pemerintahan yang baik;

       d.      Mampu berkoordinasi dengan efektif dan efisien;

       e.      Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan;

        f.      Memahami penggunaan aplikasi OSS dan aplikasi Sicantik Cloud.

5.

Pengawasan internal

1.    Dilakukan oleh atasan langsung.

2.    Dilakukan oleh tim audit internal.

3.    Kepala Dinas melakukan pengawasan secara periodik melalui rapat evaluasi.

4.    Dilakukan langsung oleh Kepala Dinas melalui CCTV maupun aplikasi yang dapat

       dipantau langsung di ruang kerja Kepala Dinas.

6.

Jaminan pelayanan

1.    Jaminan Kualitas layanan dan produk layanan yang sesuai Standar Operasional

       Prosedur (SOP) serta didukung petugas yang berkompeten di bidang tugasnya

       dengan perilaku pelayanan yang ramah, cepat, terampil dan sopan santun.

2.    Jaminan pelayanan yang bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme.

7.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

1.    Keamanan produk layanan dijamin dengan menggunakan kertas khusus yang berlogo

       DPMPTSP Kota Metro yang dijamin keasliannya dengan memberikan nomor registrasi

       yang telah digandakan sebagai arsip kantor.

2.    Surat Izin ditanda tangani secara elektronik yang dijamin oleh Penyelenggara

       Sertifikasi Elektronik.

3.    Surat Izin dicetak  dengan menggunakan QR Code dan autentifikasi dokumen

       elektronik dapat diverifikasi melalui scan QR code oleh pemohon.

8.

Evaluasi kinerja Pelaksana

1.    Evaluasi kinerja dilakukan melalui e-Survey Kepuasan Masyarakat (e-SKM) melalui

       mekanisme pengisian kuesioner oleh pengguna layanan.

2.    Evaluasi penerapan Standar Pelayanan dilakukan minimal 2 (dua) kali dalam 1 (satu)

       tahun untuk selanjutnya dilakukan perbaikan untuk menjaga dan meningkatkan

       mutu serta kinerja pelayanan.

 

DOWNLOAD STANDAR PELAYANAN PEMENUHAN KOMITMEN IZIN PENYELENGARAAN KURSUS (PK-IPK) KLIK DI SINI

Standard Pelayanan Publik

METRO INVESTMENT GALLERY