Standar Pelayanan Surat Izin Penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Standar Pelayanan Publik Bagian Service Delivery

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Produk pelayanan

Surat Izin Penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

2.

Persyaratan Pelayanan

1.       Melakukan Pendaftaran secara Online melaluiaplikasi “Sicantik Cloud”;

2.       Fotokopi KTP yang masih berlaku;

3.       Fotokopi NPWP;

4.       Fotokopi pendirian badan usaha/badan hukum;

5.       Surat keterangan domisili dari Lurah yang diketahui Camat setempat;

6.       Surat persetujuan tetangga yang diketahui oleh Lurah dan Camat setempat;

7.       Bukti hak penguasaan tanah;

8.       Susunan pengurus dan rincian tugas;

9.       Rencana Induk Pengembangan yang memuat : (a) visi dan misi; (b) kurikulum tingkat satuan pendidikan; (c) sasaran usia peserta didik; (d) pendidik dan tenaga kependidikan; (e) sarana dan prasarana; (f) struktur organisasi; (g) pembiayaan; (h) pengelolaan; (i) peran serta masyarakat; rencana pengembangan 5 tahun;

10.   Rencana pencapaian standar penyelenggaraan PAUD paling lama 3 tahun sesuai ketentuan;

11.   Rekomendasi dari OPD teknis atau tim teknis;

12.   Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 cm 3 lembar;

13.   Surat Kuasa bermaterai (jika dikuasakan);

14.   Hasil penilaian kelayakan yang berisi;

a.       Dokumen hak milik, atau pinjam pakai atas tanah dan bangunan yang akan digunakan;

b.       Fotokopi akta notaris dan surat penetapan badan hukum dalam bentuk yayasan, perkumpulan, atau badan lain sejenis;

c.        Data perkiraan pembiayaan pendidikan paling sedikit untuk 1 (satu) tahun;

 

3.

Sistem, mekanisme, dan prosedur

Pendaftaran Dengan Perbantuan

Pendaftaran Online

1.    Pemohon mengajukan pendaftaran izin melalui petugas pelayanan (front office).

2.    Pemohon mengajukan pendaftaran izin secara online dengan mengisi formulirpendaftaranmelaluihttps://sicantikui.layanan.go.id/dan menyerahkanberkas persyaratan izin.

3.    Pemohon menerima tanda terima berkas elektronik.

4.    Berkas permohonan lengkap, maka berkas akan dilanjutkan ke Tim Teknis untuk mendapatkan Rekomendasi Teknik.

5.    Bila Tim Teknis Memberikan Rekomendasi makaakan dilanjutkan dengan Penetapan Izin, apabila Tim Teknis tidak memberikanr ekomendasi maka berkas perizinan akan dikembalikan kepada pemohon untuk diperbaiki.

6.    Pemohon menerima surat izin yang telah ditandatanganidansurat izinelektronik.

1.   Pemohon mengajukan pendaftaran izin secara online dengan mengisi formulir dan mengupload berkas persyaratan izin melalui portal https://sicantikui.layanan.go.id/.

2.   Pemohon menerima tanda terima berkas elektronik.

3.   Berkas permohonan lengkap, maka berkas akan dilanjutkan ke Tim Teknis untuk mendapatkan Rekomendasi Teknis.

4.   Bila Tim Teknis Memberikan Rekomendasi maka akan dilanjutkan dengan Penetapan Izin, apabila Tim Teknis tidak memberikan rekomendasi maka berkas perizinan akan dikembalikan kepada pemohon untuk diperbaiki.

5.   Pemohon menerima surat izin yang telah ditandatangani dan surat izin elektronik.

4.

Jangka waktu penyelesaian

Paling lambat 7 (tujuh) hari kerja sejak permohonan dan persyaratan diterima dengan benar dan lengkap.

5.

Biaya/tarif

Tidak dikenakan retribusi.

6.

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

Sarana yang digunakan dalam penanganan pengaduan, saran dan masukan:

1.        Ruang Pengaduan

2.        E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

3.        HP Pengaduan : 085378299993

4.        Telepon : (0725) 49638,49313

5.        Fax: (0725)49313

6.        Kotak saran/pengaduan.

7.        E-SKM.

8.        E-Pengaduan melalui : pmptsp.metrokota.go.id

Tindak lanjut penanganan aduan, saran dan masukan adalah :

1.        Verifikasi aduan;

2.        Mediasi;

3.        Koordinasi dan cek lokasi;

4.        Penyelesaian/Sanksi.

SDM yang mengampu tugas penanganan aduan, saran dan masukan adalah :

1.        1 orang staf Seksi Pengaduan dan Informasi Layanan;

2.        1 orang Kasi Pengaduan dan Informasi Layanan;

3.        1 orang Kabid Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan;

4.        1 orang OPD Teknis.

Unit yang mengampu tugas penanganan aduan, saran dan masukan adalah Seksi Pengaduan dan Informasi Layanan.

 

Standar Pelayanan Publik Bagian Manufacturing

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

a.        Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;

b.       Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini;

c.        Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 84 Tahun 2014 tentang PendirianSatuan Pendidikan Anak Usia Dini;

d.       Peraturan Walikota Metro Nomor 20  Tahun 2011 tentang Izin Penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini;

e.        Peraturan Walikota Metro Nomor 50  Tahun 2018 tentang Tata laksana Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2018 tentang Penyelenggara Pendidikan;

f.         Peraturan Walikota Metro Nomor 30 Tahun 2020 Tentang Pendelegasian Kewenangan Walikota Metro Di Bidang Perizinan dan Non Perizinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Metro.

2.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas

1.        Ruang tunggu yang representative dan dilengkapi AC

2.        Parkir Kusus Disabilitas

3.        Kursi Roda

4.        Tempat parkir

5.        Mobil dan sepeda motor dinas

6.        Almari dokumen

7.        Rakarsip

8.        Meja

9.        Kursi

10.    Komputer dan printer

11.    Telepon/Faksimili

12.    Alat tulis kantor

13.    Toilet umum

14.    Jaringan internet

15.    Koran/bahan bacaan

16.    TV

17.    Mushola

18.    Ruang Laktasi dan bermain anak

3.

Jumlah pelaksana

1.        Petugas Front Office 1 orang;

2.        Petugas Back Office  1 orang;

3.        Tim Teknis 1 orang;

4.        Kepala Seksi 1 orang;

5.        Kepala Bidang 1 orang.

4.

Kompetensi Pelaksana

1.        Petugas Front Office :

a.      Berpendidikan minimal SLTA sederajat;

b.     Berpenampilan menarik (senyum, salam, sapa, sopan dan santun);

c.      Mampu mengoperasikan komputer;

d.     Memahami penggunaan Mengusai Aplikasi Sicantik Cloud dan aplikasi pelayanan perizinan lainnya;

e.      Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan baik;

f.       Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan.

2.        Petugas Back Office 

a.      Berpendidikan minimal SLTA sederajat;

b.     Mampu mengoperasikan komputer;

c.      Memahami penggunaan Aplikasi Sicantik Cloud dan aplikasi pelayanan perizinan lainnya;

d.     Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan baik;

e.      Mampu bekerja dalam Tim;

f.       Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan.

3.        Tim Teknis

a.        Berpendidikan minimal SLTA sederajat;

b.       Berpenampilan menarik (senyum, salam, sapa, sopan dan santun);

c.        Memiliki pengetahuan tentang  perundang-undangan terkait pelayanan publik;

d.       Memahami penggunaan Aplikasi Sicantik Cloud;

e.        Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan;

f.         Memiliki kemampuan kerjasama tim.

4.        Kepala Seksi

a.        Berpendidikan minimal Strata Satu (S1);

b.       Memiliki pengetahuan tentang perundang-undangan terkait pelayanan publik;

c.        Memiliki pengetahuan mengenai tata kelola pemerintahan yang baik;

d.       Mampu berkoordinasi dengan efektif dan efisien;

e.        Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan;

f.         Memahami penggunaan aplikasi SicantikCLoud dan aplikasi pelayanan perizinan lainnya.

5.        Kepala Bidang

a.        Berpendidikan minimal Strata Satu (S1);

b.       Memiliki pengetahuan tentang perundang-undangan terkait pelayanan publik;

c.        Memiliki pengetahuan mengenai tata kelola pemerintahan yang baik;

d.       Mampu berkoordinasi dengan efektif dan efisien;

e.        Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan;

f.         Memahami penggunaan aplikasi Sicantik CLoud dan aplikasi pelayanan perizinan lainnya.

5.

Pengawasan internal

1.        Dilakukan oleh atasan langsung.

2.        Dilakukan oleh tim audit internal.

3.        Kepala Dinas melakukan pengawasan secara periodik melalui rapat evaluasi.

4.        Dilakukan langsung oleh Kepala Dinas melalui CCTV maupun aplikasi yang dapat dipantau langsung di ruang kerja Kepala Dinas.

6.

Jaminan pelayanan

1.        Jaminan Kualitas layanan dan produk layanan yang sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) serta didukung petugas yang berkompeten di bidang tugasnya dengan perilaku pelayanan yang ramah, cepat, terampil dan sopan santun.

2.        Jaminan pelayanan yang bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme.

7.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

1.        Keamanan produk layanan dijamin dengan menggunakan kertas khusus yang berlogo DPMPTSP Kota Metro yang dijamin keasliannya dengan memberikan nomor registrasi yang telah digandakan sebagai arsip kantor.

2.        Surat Izin ditandatangani secara elektronik yang dijamin oleh Penyelenggara Sertifikasi Elektronik.

3.        Surat Izin dicetak dengan menggunakan QR Code dana utentifikasi dokumen elektronik dapat diverifikasi melalui scan QR code oleh pemohon.

8.

Evaluasi kinerja Pelaksana

1.        Evaluasi kinerja dilakukan melalui e-Survey Kepuasan Masyarakat (e-SKM) melalui mekanisme pengisian kuesioner oleh pengguna layanan.

2.        Evaluasi penerapan Standar Pelayanan dilakukan minimal 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun untuk selanjutnya dilakukan perbaikan untuk menjaga dan meningkatkan mutu serta kinerja pelayanan.

 

Download Standar Pelayanan Surat Izin Penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) KLIK DISINI

Standard Pelayanan Publik

METRO INVESTMENT GALLERY