Laporan Survei IKM Tahun 2019 Semester I

Laporan Survei IKM Tahun 2019 Semester I

Survei Kepuasan Masyarakat yang dilakukan terhadap Dinas PM dan PTSP Kota Metro menggunakan indikator dan metodologi survei yang sudah ditentukan bertujuan untuk memperoleh indek kepuasan masyarakat (IKM).

Survei ini dilakukan dilakukan per triwulan dalam tahun 2018

 Dari hasil pengolahan survey Indeks Kepuasan Masyarakat periode Semester I Tahun 2019 , diperoleh nilai IKM setelah dikonversi adalah 86,95 mutu pelayanan B, dan Kinerja Unit Pelayanan kategori Baik.

 

Penetapan Responden, Lokasi, dan Waktu Pengumpulan Data

 

Jumlah Responden

Responden dipilih acak, untuk memenuhi akurasi hasil penyusunan indeks, responden terpilih ditetapkan minimal 150 orang dari jumlah populasi penerima pelayanan, dengan dasar (Jumlah Unsur + 1) x 10 = Jumlah Responden (14 + 1) x 10 = 150 responden.

Lokasi dan Waktu Pengumpulan Data

Pengumpulan data dilakukan di Dinas PM dan PTSP Kota Metro pada saat jam kerja

Waktu Pengumpulan Data

Pengumpulan data dilakukan pada periode  2 Januari 2019 s.d. 30 Juni 2019

Pengolahan Data dan Penilaian

Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat ( IKM ) dihitung menggunakan rumus :

1. Bobot Nilai Rata –rata tertimbang= Jumlah bobot / Jumlah unsur = 1/9 = 0,11

2. IKM = Jumlah nilai per unsur / jumlah unsur terisi X 0,11

3. Interpretasi = IKM X 25

NILAI PERSEPSI MUTU PELAYANAN DAN KINERJA

Mutu Pelayanan :

A (Sangat Baik) : 81,26 - 100,00
B (Baik) : 62,51 - 81,25
C (Kurang Baik) : 43,76 - 62,50
D (Tidak Baik) : 25,00 - 43,75

Pendapat Responden Tentang Pelayanan Publik Pelayanan Perizinan  Dinas PM dan PTSP Kota Metro

No. UNSUR PELAYANAN NILAI RATA-RATA
U1 Persyaratan 3,033
U2 Prosedur 3,020
U3 Waktu Pelayanan 3,040
U4 Biaya/Tarif 3,960
U5 Produk Layanan 3,927
U6 Kompetensi Pelaksana 3,920
U7 Perilaku Pelaksana 3,007
U8 Penanganan Pengaduan 3,913
U9 Sarana dan Prasarana 3,513

 

 

Leave your comments

Post comment as a guest

0

People in this conversation

Load Previous Comments
Powered by Komento