Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Tingkatkan Pembuatan Perizinan yang Mudah dan Transparan

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) mengadakan Workshop Aplikasi SIM PTSP dan Pengaduan Online Tahun 2017 yang bertempat di Aula Dinas PM-PTSP Kota Metro, Selasa (29/08/2017).

Berdasarkan laporan Kepala Dinas PM-PTSP Edy Pakar mengatakan kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari, dimulai pada hari ini 29 Agustus sampai dengan 30 Agustus 2017. Peserta sosialisasi kegiatan ini berjumlah 65 orang, yang terdiri dari PNS dan Tim Teknis Dinas PM-PTSP.

“Selain itu tujuan dari kegiatan workshop ini adalah, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap pelayanan perizinan online bagi masyarakat. Yang kedua, untuk meningkatkan pemahaman mengenai aplikasi SIM PTSP, yang berfungsi memberikan pelayanan perizinan yang meliputi, kegiatan menerima pendaftaran, menyeleksi persyaratan, memberikan keterangan, mengecek kemajuan proses dan penertiban perizinan. Dan yang terakhir guna meningkatkan layanan pengaduan perizinan bagi masyarakat,” terang Edy Pakar.

Sementara dari sambutan Walikota Metro yang di sampaikan oleh Asisten II Prayetno mengharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan mutu pelayanan aparatur terhadap masyarakat, khususnya urusan pelayanan administrasi pemerintahan bidang perizinan dan non perizinan yang wajib diselenggarakan oleh pemerintah daerah, melalui penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) secara online.

“Sebagaimana diketahui, fungsi utama Pemerintah Daerah sesuai dengan Undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, yaitu menyelenggarakan pelayanan umum (Publik). Oleh karena itu, pelayanan publik harus mendapat perhatian dan penanganan yang sungguh-sungguh, baik dari Pemerintah Kota, Kecamatan maupun Kelurahan,” ucap Asisten II.

Tambahnya, Prayetno menegaskan bahwa pelayanan publik memiliki implikasi yang sangat luas, terutama untuk mencapai tingkat kesejahteraan masyarakat. “Penerapan aplikasi SIM PTSP tersebut, dimaksudkan agar prosedur pembuatan perizinan menjadi lebih sederhana dan transparan sehingga akan memudahkan masyarakat dalam mengurus proses perizinan,” ujarnya.

“Hal ini dibuktikan dengan dibangunnya aplikasi SIM PTSP secara online, agar masyarakat dapat mengurus izin secara online tanpa melalui perantara (calo). Karena dengan calo, biaya yang ditimbulkan akan lebih besar dari yang sesungguhnya dan proses penerbitan izin menjadi lebih lama, hal ini akan merugikan masyarakat sendiri,” tutup Asisten II.

Leave your comments

Post comment as a guest

0
  • No comments found