Laporan Survei IKM Tahun 2017 Semester I

Laporan Survei IKM Tahun 2017 Semester I 

Survei Kepuasan Masyarakat yang dilakukan terhadap Dinas PM dan PTSP Kota Metro menggunakan indikator dan metodologi survei yang sudah ditentukan bertujuan untuk memperoleh indek kepuasan masyarakat (IKM).

Survei ini dilakukan dilakukan per semester dalam tahun 2017. 

 

 

 

 

Penetapan Responden, Lokasi, dan Waktu Pengumpulan Data

 

Jumlah Responden

Responden dipilih acak, untuk memenuhi akurasi hasil penyusunan indeks, responden terpilih ditetapkan minimal 150 orang dari jumlah populasi penerima pelayanan, dengan dasar (Jumlah Unsur + 1) x 10 = Jumlah Responden (14 + 1) x 10 = 150 responden.

Lokasi dan Waktu Pengumpulan Data

Pengumpulan data dilakukan di Dinas PM dan PTSP Kota Metro pada saat jam kerja

Waktu Pengumpulan Data

Pengumpulan data dilakukan pada periode  Januari 2017 s.d. Juni 2017

Pengolahan Data dan Penilaian

Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat ( IKM ) dihitung menggunakan rumus :

1. Bobot Nilai Rata –rata tertimbang= Jumlah bobot / Jumlah unsur = 1/14 = 0,071

2. IKM = Jumlah nilai per unsur / jumlah unsur terisi X 0,071

3. Interpretasi = IKM X 25

NILAI PERSEPSI MUTU PELAYANAN DAN KINERJA

Mutu Pelayanan :

A (Sangat Baik) : 81,26 - 100,00
B (Baik) : 62,51 - 81,25
C (Kurang Baik) : 43,76 - 62,50
D (Tidak Baik) : 25,00 - 43,75

Pendapat Responden Tentang Pelayanan Publik Pelayanan Perizinan  Dinas PM dan PTSP Kota Metro

No. UNSUR PELAYANAN NILAI RATA-RATA
U1 Prosedur pelayanan 3,007
U2 Persyaratan pelayanan 3,007
U3 Kejelasan petugas pelayanan 3,007
U4 Kedisiplinan petugas pelayanan 3,000
U5 Tanggung jawab petugas pelayanan 3,007
U6 Kemampuan petugas pelayanan 3,007
U7 Kecepatan pelayanan 3,000
U8 Keadilan mendapatkan pelayanan 3,020
U9 Kesopanan dan keramahan petugas 3,013
U10 Kewajaran biaya pelayanan 3,007
U11 Kepastian biaya pelayanan 3,013
U12 Kepastian jadwal pelayanan 3,007
U13 Kenyamanan lingkungan 3,040
U14 Keamanan pelayanan 3,020

 

Dari hasil pengolahan survey Indeks Kepuasan Masyarakat periode Semester I tahun 2017 , diperoleh nilai IKM setelah dikonversi adalah 74.82, mutu pelayanan B, dan Kinerja Unit Pelayanan kategori baik.