Laporan Survei IKM Tahun 2017 Semester II

Laporan Survei IKM Tahun 2017 Semester II

Survei Kepuasan Masyarakat yang dilakukan terhadap Dinas PM dan PTSP Kota Metro menggunakan indikator dan metodologi survei yang sudah ditentukan bertujuan untuk memperoleh indek kepuasan masyarakat (IKM).

Survei ini dilakukan dilakukan per semester dalam tahun 2017. 

 

 

  

 

Penetapan Responden, Lokasi, dan Waktu Pengumpulan Data

 

Jumlah Responden

Responden dipilih acak, untuk memenuhi akurasi hasil penyusunan indeks, responden terpilih ditetapkan minimal 150 orang dari jumlah populasi penerima pelayanan, dengan dasar (Jumlah Unsur + 1) x 10 = Jumlah Responden (14 + 1) x 10 = 150 responden.

Lokasi dan Waktu Pengumpulan Data

Pengumpulan data dilakukan di Dinas PM dan PTSP Kota Metro pada saat jam kerja

Waktu Pengumpulan Data

Pengumpulan data dilakukan pada periode  Juli 2017 s.d. Desember 2017

Pengolahan Data dan Penilaian

Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat ( IKM ) dihitung menggunakan rumus :

1. Bobot Nilai Rata –rata tertimbang= Jumlah bobot / Jumlah unsur = 1/14 = 0,071

2. IKM = Jumlah nilai per unsur / jumlah unsur terisi X 0,071

3. Interpretasi = IKM X 25

NILAI PERSEPSI MUTU PELAYANAN DAN KINERJA

Mutu Pelayanan :

A (Sangat Baik) : 81,26 - 100,00
B (Baik) : 62,51 - 81,25
C (Kurang Baik) : 43,76 - 62,50
D (Tidak Baik) : 25,00 - 43,75

Pendapat Responden Tentang Pelayanan Publik Pelayanan Perizinan  Dinas PM dan PTSP Kota Metro

No. UNSUR PELAYANAN NILAI RATA-RATA
U1 Prosedur pelayanan 3,067
U2 Persyaratan pelayanan 3,073
U3 Kejelasan petugas pelayanan 3,060
U4 Kedisiplinan petugas pelayanan 3,033
U5 Tanggung jawab petugas pelayanan 3,360
U6 Kemampuan petugas pelayanan 3,340
U7 Kecepatan pelayanan 3,240
U8 Keadilan mendapatkan pelayanan 3,053
U9 Kesopanan dan keramahan petugas 3,060
U10 Kewajaran biaya pelayanan 3,047
U11 Kepastian biaya pelayanan 3,367
U12 Kepastian jadwal pelayanan 3,353
U13 Kenyamanan lingkungan 3,080
U14 Keamanan pelayanan 3,067

 

Dari hasil pengolahan survey Indeks Kepuasan Masyarakat periode Semester II Tahun 2017 , diperoleh nilai IKM setelah dikonversi adalah 78.99, mutu pelayanan B, dan Kinerja Unit Pelayanan kategori baik.