SP Izin Trayek

Standar Pelayanan Izin Trayek

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

a.    Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan;

b.    Keputusan Menteri perhubungan Nomor 35 Tahun 2003 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang di jalan dan Penyelenggaraan Kendaraan Umum;

c.     Peraturan Daerah Kota Metro Nomor 5 Tahun 2012 tentang Retribusi Perizinan Tertentu;

d.    Peraturan Walikota Metro Nomor 28 Tahun 2012 tentang Tata Laksana Pemungutan Retribusi Izin Trayek;

e.    Peraturan Walikota Nomor 06 Tahun 2017 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Walikota  di Bidang Perizinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Metro.

2.

Persyaratan Pelayanan

a.    Surat Permohonan.

b.    Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik kendaraan

c.     Fotocopy Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

d.    Fotocopy Buku KIR Kendaraan.

e.    Izin Trayek yang lama (bagi permohonan perpanjangan izin)

f.      Menunjukkan semua dokumen persyaratan yang asli kepada petugas penerimaan berkas pada saat pengajuan permohonan penerbitan Izin Trayek.

3.

Sistem, mekanisme, dan prosedur

No.

Pelaku Mekanisme

Proses Perizinan

1.

Pemohon

 
 

 

 

 

-       Penyerahan Berkas Permohonan Kepada Petugas Penerimaan

-       Pemohon melengkapi berkas kembali jika berkas dinyatakan tidak lengkap

-       Pemohon menerima tanda terima berkas jika berkas dinyatakan lengkap

2.

Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan (Front Office)

 
 

 

 

 

-       Petugas pelayanan memeriksa kelengkapan administrasi berkas permohonan perizinan dan menginput data perizinan.

-       Kasi Perizinan Tertentu membubuhkan paraf pada Kartu Kendali berkas yang dinyatakan lengkap untuk diteruskan ke Seksi Pengolahan

3.

Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan (Back Office)

 
 

 

 

 

-       Kasi Perizinan Tertentu  memverifikasi berkas permohonan dan membubuhkan paraf pada Kartu Kendali Berkas

-       Mengkoordinasikan jadwal pemeriksaan lapangan kepada Tim Teknis

4.

Tim Teknis

 
 

 

 

 

-       Survey/pemeriksaan lapangan

-       Membuat Berita Acara Pemeriksaan

-       Membuat Rekomendasi layak atau tidaknya berkas permohonan untuk diproses lebih lanjut.

-       Membubuhkan paraf pada Kartu Kendali Berkas

5.

Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan (Back Office)

 
 

 

 

-       Pemroses  membuat konsep SKRD

-       Kasi Perizinan Tertentu menandatangani Surat Ketetapan Retribusi Daerah

6.

Bendahara Penerimaan

 
 

 

 

Bendahara Penerimaan membuat  Surat  Setoran Retribusi Daerah/Surat Tanda Setoran  berdasarkan SKRD.

7.

Pemohon

Pembayaran retribusi pada Bank Lampung

 

8.

Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan (Back Office)

 
 

 

 

 

-       Pemroses menginput data perizinan berdasarkan Berita Acara Pemeriksaan dan Rekomendasi Tim Teknis dan mencetak sertifikat izin

-       Kabid Pelayanan memeriksa sertifikat izin dan membubuhkan paraf pada Kartu Kendali Berkas dan Sertifikat Izin

9.

Kepala Dinas

 
 

 

 

Menandatangani Sertifikat Izin

10.

Bidang Pengelolaan Data, Evaluasi dan Informasi

 
 

 

 

-       Kabid membubuhkan paraf pada Kartu Kendali Berkas

-       Penomoran Izin oleh Seksi Registrasi dan Dokumentasi

-       Pengarsipan dokumen perizinan

-       Kasi membubuhkan paraf pada Kartu Kendali Berkas

11.

Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan (Front Office)

 
 

 

 

-       Kasi membubuhkan paraf pada Kartu Kendali Berkas

-       Petugas Front Office menyerahkan  izin kepada pemohon

12.

Pemohon

 

Menerima sertifikat izin yang telah diterbitkan

 

4.

Jangka waktu penyelesaian

Maksimal  5 (lima) hari kerja.

5.

Biaya/tarif

Rp 150.000,-

6.

Produk pelayanan

Surat Izin Trayek

 

7.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas

v  Sarana dan Prasarana:

a.      Ruang tunggu yang representatif dan dilengkapi AC.

b.      Tempat  parkir

c.       Mobil dan sepeda motor dinas

d.      Almari dokumen

e.      Rak arsip

f.        Meja

g.      Kursi

h.      Pesawat telepon dan mesin faksimili

i.        Komputer dan printer

j.        Telepon/Faksimili

k.      Alat tulis Dinas

l.        Kotak saran

m.    Toilet umum

 

v  Fasilitas Pendukung:

a.        Jaringan internet/intranet

b.        Koran/bahan bacaan

c.         TV

d.        Tersedianya alat pemadam kebakaran portable

e.        CCTV

 

Ket: Sarpras dan Fasilitas digunakan bersama untuk beberapa jenis izin

8.

Kompetensi Pelaksana

a.       Memahami peraturan perundang-undangan yang berlaku

b.      Mampu mengoperasikan komputer

c.       Mampu bekerja dalam Tim

d.      Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan.

 

9.

Pengawasan internal

a.       Dilakukan oleh atasan langsung

b.      Dilakukan oleh tim audit internal

10.

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

Ø  Sarana Pelayanan Pengaduan,Saran dan Masukan:

1.  Ruang Pengaduan

2.    E-mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

3.    Telepon : (0725) 49638,49313

4.    Fax : (0725)49313 

5.    Kotak saran/pengaduan.

6.    Formulir survey IKM.

7.    Sub domain perizinan (Website): pmptsp.metrokota.go.id

Ø  Penanganan Pengaduan melalui media tersebut diatas akan ditindaklanjuti oleh tim pengaduan dengan tahapan sebagai berikut:

a)   Cek administrasi;

b)  Cek lapangan;

c)   Koordinasi internal /eksternal;

d)  Koordinasi instansi terkait

Ø  Tindak lanjut pengaduan  3 (tiga) hari kerja sejak diterimanya pengaduan.

 

11.

Jumlah pelaksana

Jumlah personil yang menangani Surat Izin Trayek sebanyak 9 (sembilan) orang.

Keterangan:

·      setiap personil tersebut di atas, juga melaksanakan tugas pelayanan  untuk jenis izin yang lainnya.

 

12.

Jaminan pelayanan

a.       Adanya kepastian persyaratan, waktu proses, biaya, prosedur, dan didukung oleh SDM yang berkompeten di bidang tugasnya.

b.      Adanya jaminan bebas dari praktek KKN.

 

13.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

Surat Izin Trayek dicetak  dengan menggunakan kertas khusus dan dibubuhi tanda tangan asli serta dicap basah.

 

14.

Evaluasi kinerja Pelaksana

1.    Evaluasi kinerja dilakukan melalui survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan mekanisme, sebagai berikut:

a.    Setiap pemohon izin yang mengambil izin akan diberikan formulir IKM untuk diisi.

b.    Pengumpulan dan pengolahan data.

c.     Analisa data dan evaluasi.

d.    Tindak lanjut hasil evaluasi.

2.    Evaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung  terkait kinerja dan kedisiplinan.

 

15.

Masa Berlaku Izin

Izin Trayek berlaku selama 5 (lima) tahun dan dapat diperpanjang jika memenuhi persyaratan.

 

16.

Jam Pelayanan

·      Senin – Kamis : 07.30 – 15.45 WIB

·      Jumat                : 07.30 – 15.00 WIB