SP Izin Lembaga Pelatihan Kerja

Standar Pelayanan Izin Penyelenggaraan Lembaga Pelatihan Kerja.

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

a.    Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;

b.    Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Nasional;

c.     Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor PER.17/MEN/VII/2007 tentang Cara Perizinan dan Pendaftaran Lembaga Pelatihan Kerja

d.    Peraturan Walikota Metro Nomor 18 Tahun 2011 tentang Izin Penyelenggaraan Lembaga Pelatihan Kerja;

e.    Peraturan Walikota Nomor 06 Tahun 2017 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Walikota  di Bidang Perizinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Metro;

2.

Persyaratan Pelayanan

Ø Objek Izin Penyelenggaraan Lembaga Pelatihan Kerja adalah Lembaga Kerja Non Formal yang menyangkut keterampilan kerja;

Ø Subjek Izin Penyelenggaraan Lembaga Pelatihan Kerja adalah setiap Lembaga Pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh Perseorangan, Sekelompok Orang, Badan Hukum dan atau Badan Usaha dan Pengesahan Sertifikasi;

Ø Rumpun pendidikan dan jenis pelatihan kerja antara lain :

1.       Automotive :

a.                 Kejuruan Setir mobil bensin dan diesel;

b.                 Kejuruan sepeda motor.

2.       Elektronika :

a.                 Kejuruan servis radio dan TV;

b.                 Kejuruan tehnik pendingin atau AC;

c.                  Kejuruan tehnik arus pendek dan tinggi;

d.                 Kejuruan gulung dinamo.

3.       Aneka kejuruan :

a.                 Kejuruan Anyaman;

b.                 Kejuruan Menjahit;

c.                  Kejuruan Bordir;

d.                 Kejuruan Ukir-ukiran.

4.       Rumpun pendidikan kesehatan :

a.                 Kejuruan Asisten kebidanan;

b.                 Kejuruan asisten perawat;

c.                  Kejuruan aministrasi rumah sakit;

d.                 Kejuruan farmasi.

5.       Pendidikan Pelatihan ke Luar Negeri

Ø Persyaratan pembuatan Izin Penyelenggaraan Lembaga Pelatihan Kerja sebagai berikut :

a.      Mengisi Formulir Permohonan sesuai dengan format yang telah disediakan;

b.      Fotocopy Akta Pendirian dan/atau Akta Perubahan sebagai badan hukum dan tanda bukti pengesahan dari instansi yang berwenang;

c.       Daftar nama dilengkapi dengan riwayat hidup penanggung jawab LPK;

d.      Daftar instruktur dan tenaga pelatihan;

e.      Pas photo ukuran 3 x 4 berwarna 2 lembar;

f.       

59

Permohonan yang diketahui Lurah;

g.      Fotocopy KTP Pemilik;

h.      Status Tanah;

i.        Persetujuan lingkungan bila diperlukan;

j.        Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan;

k.       Program pelatihan kerja berbasis kompetensi;

l.        Profil LPK yang meliputi antara lain :

1.       Struktur Organisasi;

2.       Alamat;

3.       Telepon; dan

4.       Faximile.

m.    Menunjukkan semua dokumen persyaratan yang asli kepada petugas penerimaan berkas pada saat pengajuan permohonan penerbitan Izin Penyelenggaraan Lembaga Pelatihan Kerja.

 

3.

Sistem, mekanisme, dan prosedur

No.

Pelaku Mekanisme

Proses Perizinan

1.

Pemohon

 

 

 

-       Penyerahan Berkas Permohonan Kepada Petugas Penerimaan

-       Pemohon melengkapi berkas kembali jika berkas dinyatakan tidak lengkap

-       Pemohon menerima tanda terima berkas jika berkas dinyatakan lengkap

2.

Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan (Front Office)

 

 

 

-       Petugas pelayanan memeriksa kelengkapan administrasi berkas permohonan perizinan dan menginput data perizinan.

-       Kasi Perizinan dan Non Perizinan Umum membubuhkan paraf pada Kartu Kendali berkas yang dinyatakan lengkap untuk diteruskan ke Back Office

3.

Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan (Back Office)

 

Kabid mengkoordinasikan jadwal pemeriksaan lapangan kepada Tim Teknis

4.

Tim Teknis

 

 

 

-       Survey/pemeriksaan lapangan

-       Membuat Berita Acara Pemeriksaan

-       Membuat Rekomendasi layak atau tidaknya berkas permohonan untuk diproses lebih lanjut.

-       Membubuhkan paraf pada Kartu Kendali Berkas

5.

Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan (Back Office)

 

 

 

-       Pemroses menginput data perizinan berdasarkan Berita Acara Pemeriksaan dan Rekomendasi Tim Teknis dan mencetak sertifikat izin

-       Kasi Perizinan dan Non Perizinan Umum dan Kabid memeriksa sertifikat izin dan membubuhkan paraf pada Kartu Kendali Berkas dan Sertifikat Izin

6.

Kepala Dinas

 

Menandatangani Sertifikat Izin

7.

Bidang Pengelolaan Data, Evaluasi dan Informasi

 

 

-       Kabid membubuhkan paraf pada Kartu Kendali Berkas

-       Penomoran Izin oleh Seksi Registrasi dan Dokumentasi

-       Pengarsipan dokumen perizinan

-       Kasi membubuhkan paraf pada Kartu Kendali Berkas

8.

Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan (Front Office)

 

 

-       Kasi membubuhkan paraf pada Kartu Kendali Berkas

-       Petugas Front Office menyerahkan  izin kepada pemohon

9.

Pemohon

 

Menerima sertifikat izin yang telah diterbitkan

 

4.

Jangka waktu penyelesaian

Maksimal  7 (tujuh) hari kerja.

5.

Biaya/tarif

Tidak dikenakan retribusi.

6.

Produk pelayanan

Surat Izin Penyelenggaraan Lembaga Pelatihan Kerja.

7.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas

v  Sarana dan Prasarana:

a.        Ruang tunggu yang representatif dan dilengkapi AC.

b.        Tempat  parkir

c.         Mobil dan sepeda motor dinas

d.        Almari dokumen

e.        Rak arsip

f.          Meja

g.        Kursi

h.        Pesawat telepon dan mesin faksimili

i.          Komputer dan printer

j.          Telepon/Faksimili

k.        Alat tulis Dinas

l.          Kotak saran/pengaduan

m.      Toilet umum

v  Fasilitas Pendukung:

a.        Jaringan internet/intranet

b.        Koran/bahan bacaan

c.         TV

d.        Tersedianya alat pemadam kebakaran portable

e.        CCTV

Ket: Sarpras dan Fasilitas digunakan bersama untuk beberapa jenis izin

 

8.

Kompetensi Pelaksana

a.       Memahami peraturan perundang-undangan yang berlaku

b.      Mampu mengoperasikan komputer

c.       Mampu bekerja dalam Tim

d.      Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan.

9.

Pengawasan internal

a.       Dilakukan oleh atasan langsung

b.      Dilakukan oleh tim audit internal

 

10.

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

Ø  Sarana Pelayanan Pengaduan,Saran dan Masukan:

1.  Ruang Pengaduan

2.    E-mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

3.    Telepon : (0725) 49638,49313

4.    Fax : (0725)49313 

5.    Kotak saran/pengaduan.

6.    Formulir survey IKM.

7.    Sub domain perizinan (Website): pmptsp.metrokota.go.id

Ø  Penanganan Pengaduan melalui media tersebut diatas akan ditindaklanjuti oleh tim pengaduan dengan tahapan sebagai berikut:

a)   Cek administrasi;

b)  Cek lapangan;

c)   Koordinasi internal /eksternal;

d)  Koordinasi instansi terkait

Ø  Tindak lanjut pengaduan  3 (tiga) hari kerja sejak diterimanya pengaduan.

 

11.

Jumlah pelaksana

Jumlah personil yang menangani Surat Izin Penyelenggaraan Lembaga Pelatihan Kerja sebanyak 8 (delapan) orang.

Keterangan:

·      setiap personil tersebut di atas, juga melaksanakan tugas pelayanan  untuk jenis izin yang lainnya.

 

12.

Jaminan pelayanan

a.       Adanya kepastian persyaratan, waktu proses, biaya, prosedur, dan didukung oleh SDM yang berkompeten di bidang tugasnya.

b.      Adanya jaminan bebas dari praktek KKN.

 

13.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

Surat Izin Penyelenggaraan Lembaga Pelatihan Kerja dicetak  dengan menggunakan kertas khusus dan dibubuhi tanda tangan asli serta dicap basah.

 

14.

Evaluasi kinerja Pelaksana

1.    Evaluasi kinerja dilakukan melalui survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan mekanisme, sebagai berikut:

a.    Setiap pemohon izin yang mengambil izin akan diberikan formulir IKM untuk diisi.

b.    Pengumpulan dan pengolahan data.

c.     Analisa data dan evaluasi.

d.    Tindak lanjut hasil evaluasi.

2.    Evaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung  terkait kinerja dan kedisiplinan.

 

15.

Masa Berlaku Izin

a.       Izin Lembaga Pelatihan Kerja berlaku 3 (tiga) tahun dan dapat diperpanjang dalam waktu yang sama.

b.      Izin Lembaga Pelatihan Kerja diwajibkan melaksanakan daftar ulang setiap tahun.

 

16.

Jam Pelayanan

·      Senin – Kamis : 07.30 – 15.45 WIB

·      Jumat                : 07.30 – 15.00 WIB