SP Izin Pengumpulan Limbah B3

Standar Pelayanan Izin Pengumpulan Limbah B3

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

a.    Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;

b.    Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah;

c.     Peraturan Walikota Metro Nomor 17 Tahun 2015 tentang Tata Laksana Perizinan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun

d.    Peraturan Walikota Nomor 06 Tahun 2017 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Walikota  di Bidang Perizinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Metro;

2.

Persyaratan Pelayanan

a.     Surat Kuasa dari Pemohon, apabila pengajuan permohonan diwakilkan kepada orang lain.

b.    Fotocopy Kartu Identitas pemohon;

c.     Fotocopy Akte Pendirian Perusahaan dan/atau perubahannya;

d.    Fotocopy surat bukti kepemilikan/penguasaaan tanah dan/atau bangunan yang sah sebagai lokasi tempat usaha;

e.     Fotocopy IMB;

f.      Fotocopy Izin Gangguan;

g.     Fotocopy SIUP dan TDP;

h.    Fotocopy persetujuan dokumen lingkungan

i.       Peta lokasi tempat kegiatan (layout) dan tata letak penempatan limbah di tempat penyimpanan sementara serta keterangan tentang lokasi (nama tempat/letak, luas, titik koordinat)

j.       Data yang menerangkan :

1.    Jenis limbah yang akan dikumpulkan

2.    Jumlah limbah B3 (untuk tiap jenis limbah ) yang akan dikumpulkan;

3.    Karakteristik tiap jenis limbah B3 yang akan dikumpulkan;

4.    Uraian tentang proses pengumpulan dan perpindahan limbah (asal limbah dan titik akhir limbah);

5.    Uraian tentang cara penanganan limbah (kemasan, penyusunan / penataan);

k.   Spesifikasi dan Desain konstruksi tempat penyimpanan;

l.     Surat kesepakatan antara pengumpul dan pengolah / pemanfaat / penimbun limbah;

a.       Daftar serta spesifikasi perlengkapan sistem tanggap darurat dan alat pencegahan pencemaran limbah yang dimiliki.

3.

Sistem, mekanisme, dan prosedur

No.

Pelaku Mekanisme

Proses Perizinan

1.

Pemohon

 

 
 
 

 

 


-       Penyerahan Berkas Permohonan Kepada Petugas Penerimaan

-       Pemohon melengkapi berkas kembali jika berkas dinyatakan tidak lengkap

-       Pemohon menerima tanda terima berkas jika berkas dinyatakan lengkap

2.

Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan (Front Office)

 

 
 
 

 

 


-       Petugas pelayanan memeriksa kelengkapan administrasi berkas permohonan perizinan dan menginput data perizinan.

-       Kasi Perizinan dan Non Perizinan Umum membubuhkan paraf pada Kartu Kendali berkas yang dinyatakan lengkap untuk diteruskan ke Back Office

3.

Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan (Back Office)

Kabid mengkoordinasikan jadwal pemeriksaan lapangan kepada Tim Teknis

4.

Tim Teknis

 

 
 
 

 

 


-       Survey/pemeriksaan lapangan

-       Membuat Berita Acara Pemeriksaan

-       Membuat Rekomendasi layak atau tidaknya berkas permohonan untuk diproses lebih lanjut.

-       Membubuhkan paraf pada Kartu Kendali Berkas

5.

Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan (Back Office)

 

 
 
 

 

 


-       Pemroses menginput data perizinan berdasarkan Berita Acara Pemeriksaan dan Rekomendasi Tim Teknis dan mencetak sertifikat izin

-       Kasi Perizinan dan Non Perizinan Umum dan Kabid memeriksa sertifikat izin dan membubuhkan paraf pada Kartu Kendali Berkas dan Sertifikat Izin

6.

Kepala Dinas

Menandatangani Sertifikat Izin

7.

Bidang Pengelolaan Data, Evaluasi dan Informasi

 

 
 
 

 


-       Kabid membubuhkan paraf pada Kartu Kendali Berkas

-       Penomoran Izin oleh Seksi Registrasi dan Dokumentasi

-       Pengarsipan dokumen perizinan

-       Kasi membubuhkan paraf pada Kartu Kendali Berkas

8.

Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan (Front Office)

 

 
 
 

 


-       Kasi membubuhkan paraf pada Kartu Kendali Berkas

-       Petugas Front Office menyerahkan  izin kepada pemohon

9.

Pemohon

 

Menerima sertifikat izin yang telah diterbitkan

 

4.

Jangka waktu penyelesaian

Maksimal  7 (tujuh) hari kerja.

5.

Biaya/tarif

Tidak dikenakan retribusi.

 

6.

Produk pelayanan

Surat Izin Pengumpulan Limbah B3

7.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas

v  Sarana dan Prasarana:

a.        Ruang tunggu yang representatif dan dilengkapi AC.

b.        Tempat  parkir

c.         Mobil dan sepeda motor dinas

d.        Almari dokumen

e.        Rak arsip

f.          Meja

g.        Kursi

h.        Pesawat telepon dan mesin faksimili

i.          Komputer dan printer

j.          Telepon/Faksimili

k.        Alat tulis Dinas

l.          Kotak saran

m.      Toilet umum

v  Fasilitas Pendukung :

a.        Jaringan internet/intranet

b.        Koran/bahan bacaan

c.         TV

d.        Tersedianya alat pemadam kebakaran portable

e.        CCTV

Ket: Sarpras dan Fasilitas digunakan bersama untuk beberapa jenis izin

8.

Kompetensi Pelaksana

a.           Memahami peraturan perundang-undangan yang berlaku

b.          Mampu mengoperasikan komputer

c.           Mampu bekerja dalam Tim

d.          Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan.

9.

Pengawasan internal

a.           Dilakukan oleh atasan langsung

b.          Dilakukan oleh tim audit internal

10.

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

v      Sarana Pelayanan Pengaduan,Saran dan Masukan:

1. Ruang Pengaduan

2.  E-mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

3.  Telepon : (0725) 49638,49313

4.  Fax : (0725)49313 

5.  Kotak saran/pengaduan.

6.  Formulir survey IKM.

7.   Sub domain perizinan (Website): pmptsp.metrokota.go.id

v  Penanganan Pengaduan melalui media tersebut diatas akan ditindaklanjuti   oleh tim pengaduan dengan tahapan sebagai berikut :

a)            Cek administrasi;

b)            Cek lapangan;

c)             Koordinasi internal /eksternal;

d)            Koordinasi instansi terkait

v   Tindaklanjut pengaduan  3 (tiga) hari kerja sejak diterimanya pengaduan.

 

11.

Jumlah pelaksana

Jumlah personil yang menangani Surat Izin Pengumpulan Limbah B3 sebanyak 8 (delapan) orang.

Keterangan:

·      setiap personil tersebut di atas, juga melaksanakan tugas pelayanan  untuk jenis izin yang lainnya.

12.

Jaminan pelayanan

a.       Adanya kepastian persyaratan, waktu proses, biaya, prosedur, dan didukung oleh SDM yang berkompeten di bidang tugasnya.

b.      Adanya jaminan bebas dari praktek KKN.

13.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

Surat Izin Pengumpulan Limbah B3 dicetak  dengan menggunakan kertas khusus dan dibubuhi tanda tangan asli serta dicap basah.

 

14.

Evaluasi kinerja Pelaksana

1.    Evaluasi kinerja dilakukan melalui survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan mekanisme, sebagai berikut:

a.    Setiap pemohon izin yang mengambil izin akan diberikan formulir IKM untuk diisi.

b.    Pengumpulan dan pengolahan data.

c.     Analisa data dan evaluasi.

d.    Tindak lanjut hasil evaluasi.

2.    Evaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung  terkait kinerja dan kedisiplinan.

15.

Masa Berlaku Izin

Masa berlaku Izin Reklame selama 5 (lima) tahun dan dapat diperpanjang.

16.

Jam Pelayanan

·      Senin – Kamis : 07.30 – 15.45 WIB

·      Jumat                : 07.30 – 15.00 WIB