Tugas Pokok Dan Fungsi

DINAS PENANAMAN MODAL DAN PTSP KOTA METRO

Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu  Kota Metro mempunyai tugas  merumuskan dan melaksanakan kebijakan di bidang penanaman modal serta penyelenggaraan pelayanan administrasi penanaman modal, perizinan dan non perizinan secara terpadu dengan prinsip koordinasi, integrasi, sinkronisasi, simplifikasi, keamanan, kepastian dan transparansi.  

Fungsi  :

  1. Penyusunan perencanaan bidang penanaman modal, pelayanan perizinan dan non perizinan secara terpadu 
  2. Perumusan kebijakan di bidang penanaman modal, pelayanan perizinan dan non perizinan secara terpadu
  3. embinaan, pengendalian, koordinasi, fasilitasi danpenyelenggaraan penanaman modal, pelayanan perizinan dan non perizinan secara terpadu.
  4. Pelaksanaan administrasi pelayanan di bidang penanaman modal, pelayanan perizinan dan non perizinan secara terpadu
  5. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang penanaman modal, pelayanan perizinan dan non perizinan secara terpadu
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya. 

SEKRETARIAT

Tugas : melaksanakan penyusunan perencanaan, penatausahaan keuangan, urusan umum dan kepegawaian serta pengkoordinasian tugas-tugas bidang.

Fungsi : 

  1. Penyusunan bahan kebijakan di bidang perencanaan, evaluasi dan pelaporan, penatausahaan keuangan, urusan umum dan kepegawaian;
  2. Pelaksanaan penyusunan perencanaan, evaluasi dan pelaporan;
  3. Penatausahaan keuangan;
  4. Penyelenggaraan urusan umum dan kepegawaian;
  5. Pengkoordinasian pelaksanaan tugas-tugas bidang;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya

 

 

BIDANG PROMOSI, KEBIJAKAN DAN PENGENDALIAN PENANAMAN MODAL

Tugas  : menyelenggarakan promosi, kerjasama, pengendalian, pengawasan dan pengembangan penanaman modal.

Fungsi : 

  1. Penyelenggaraan penyusunan program kegiatan lingkup Bidang Penanaman Modal;
  2. Penyelenggaraan penyusunan standar operasional prosedur (SOP) sesuai bidang tugas dan fungsinya;
  3. Penyelenggaraan fasilitasi kerjasama dibidang penanaman modal;
  4. Penyelenggaraan penyusunan kebijakan di bidang penanaman modal;
  5. Penyelenggaraan koordinasi dalam rangka menyiapkan bahan/materi promosi penanaman modal;
  6. Penyelenggaraan penyusunan program kegiatan  Pengawasan dan Pengendalian;
  7. Penyelenggaraan  pengawasan  dan  pengendalian kegiatan penanaman modal;
  8. Penyelenggaraan  pengkajian,  perumusan  dan  penyusunan  kebijakan  teknis pengawasan dan pengendalian pelaksanaan penanaman Modal;
  9. Penyelenggaraan  pembinaan dan bimbingan  kepada penanam modal/investor dalam rangka pelaporan kegiatan penanaman modal;
  10. Penyelenggaraan  bantuan  dan  fasilitasi  penyelesaian  masalah/hambatan  yang dihadapi Penanaman Modal;
  11. Penyelenggaraan penyusunan laporan realisasi Penanaman Modal;
  12. Penyelenggaraan kajian peluang dan potensi penanaman modal;
  13. Penyelenggaraan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas pada lingkup Bidang Penanaman Modal;
  14. Penyelenggaraan tugas lain  yang diberikan oleh  atasan sesuai bidang tugas dan fungsinya;

 

BIDANG PELAYANAN PERIZINAN DAN NONPERIZINAN

Tugas : Menyelenggarakan pelayanan penanaman modal, perizinan dan non perizinan

Fungsi : 

  1. Penyelenggaraan penyusunan program kegiatan pada lingkup Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan;
  2. Penyiapan bahan penyusunan  standar  operasional  prosedur (SOP) sesuai bidang tugas dan fungsinya;
  3. Penyelenggaraan  pelayanan penerimaan berkas permohonan perizinan dan non perizinan umum serta perizinan penanaman modal;
  4. Penyelenggaraan pelayanan informasi dan pengaduan
  5. Penyelenggaraan verifikasi dan kajian hukum terhadap berkas permohonan perizinan dan non perizinan umum serta perizinan penanaman modal;
  6. Pemrosesan permohonan perizinan dan non perizinan umum serta perizinan penanaman modal;
  7. Penyelenggaraan koordinasi dengan Tim Teknis dalam rangka penelitian lapangan dan pengolahan berkas permohonan perizinan dan non perizinan secara administrastif dan teknis;
  8. Penyelenggaraan koordinasi dengan Tim Teknis dalam rangka penyelesaian permasalahan perizinan dan non perizinan;
  9. Penyelenggaraan pembinaan dan pengawasan terhadap Tim Teknis perizinan dan non perizinan;
  10. Penetapan retribusi perizinan tertentu;
  11. Penyelenggaraan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas pada lingkup Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan  
  12. Penyelenggaraan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas, sesuai bidang tugas dan fungsinya;

 

BIDANG PENGELOLAAN DATA EVALUASI DAN INFORMASI

Tugas :  penyelenggaraan pengelolaan sistem informasi perizinan, pengolahan data, evaluasi dan pelaporan.

Fungsi : 

  1. Penyusunan program kegiatan pada lingkup Bidang Pengelolaan Data, Evaluasi dan Informasi;
  2. Penyelenggaraan pengumpulan data, informasi, permasalahan, dan kebijakan teknis yang berkaitan dengan pengelolaan data, informasi dan pengembangan Sistem Informasi.
  3. Penyelenggaraan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan kegiatan Bidang Pengelolaan Data, Evaluasi dan Informasi.
  4. Penyelenggaraan kegiatan pengelolaan data, informasi, dan pelaporan 
  5. Penyelenggaraan pengembangan dan pemeliharaan Sistem Informasi.
  6. Penyelenggaraan publikasi melalui website kepada masyarakat.
  7. Penyelenggaraan analisis dan pengembangan kinerja bidang.
  8. Penyelenggaraan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas pada lingkup Bidang Pengelolaan Data, Evaluasi dan Informasi
  9. Penyelenggaraan pelaporan pertanggung jawaban atas pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Dinas, sesuai standar yang diberikan;
  10. Penyelenggaraan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas, sesuai bidang tugas dan fungsinya;