Visi dan Misi Organisasi

Visi Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Metro  adalah :

“ Mudahnya Berinvestasi dan Pelayanan PerizinanYang Prima ”

Investasi ” adalah segala bentuk kegiatan menanam modal, baik oleh penanam modal dalam negeri maupun penanam modal asing, untuk melakukan usaha diwilayah Republik Indonesia.

Pelayanan Perizinan ” adalah kegiatan yang dilakukan pemerintah dalam rangka pemenuhan hak-hak masyarakat maupun kebutuhan dasar masyarakat dibidang perizinan yang merupakan pengendalian dari pemerintah daerah yang bertujuan untuk melindungi masyarakat sesuai dengan Peraturan Daerah yang telah ditetapkan.

Prima ” dimaksudkan memenuhi standar kepuasan masyarakat yang meliputi transparan, efisien, efektif dan tepat waktu serta profesionalisme petugas perizinan dalam melaksanakan pelayanan dibidang perizinan. 

Misi yang akan dilaksanakan Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Metro adalah :

1. Memberikan kemudahan dan transparansi kepada masyarakat.
Penjelasan : Peningkatan Minat Investasi sangat dipengaruhi oleh tingkat keparcayaan masyarakat terhadap sistem pelaksanaan kegiatan pelayanan perizinan. Oleh sebab itu diperlukan suatu transparansi dalam sistem pengurusan perizinan baik yang menyangkut tentang biaya maupun proses penerbitan izin.

2. Penyederhanakan prosedur dan mekanisme pelayanan perizinan dan investasi.

Penjelasan : Penyederhanaan Prosedur dan mekanisme penerbitan izin merupakan faktor utama terwujudnya efisiensi dan efektifitas pelaksanaan pelayanan perizinan dan penanaman modal. Semua kendala yang berkaitan dengan kepuasan masyarakat akan proses penerbitan izin akan terjawab manakala prosedur dan mekanisme perizinan dapat disederhanakan dan dipermudah sesuai dengan Peraturan yang berlaku. Dengan demikian diharapkan diwujudkan peningkatan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.

3. Menyediakan sarana dan prasarana pelayanan perizinan dan penanaman modal.

Penjelasan : Peningkatan pelayanan perizinan tak terlepaskan dari penyediaan sarana dan prasarana pelayanan itu sendiri. Kemudahan dan kenyamanan proses pelayanan dan penerbitan izin serta pelayanan penanaman modal sangat bergantung dari fasilitas sarana prasarana yang mendukung kegiatan operasional penerbitan perizinan. Hal inilah yang mendasari diharuskannya penyedian sarana dan prasarana yang memadai dalam rangka meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat guna mendukung kegiatan pembangunan Kota Metro.

4. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan melalui pelayanan perizinan dan penanaman modal.

Penjelasan : Peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan melalui pelayanan perizinan dan penanaman modal akan sangat membantu terwujudnya pembangunan Kota Metro sesuai dengan visi Kota Metro yang telah ditetapkan. Kesadaran masyarakat akan pentingnya perizinan merupakan awal dari partisipasi dalam pembangunan. Secara sengaja atau tidak disengaja kesadaran akan penting perizinan ini merupakan bentuk partisipasi masyarakat yang paling riil dalam menyokong mewujudkan Visi kota Metro.

'