Study Banding Kab. Mesuji Terkait Kepatuhan Pelayanan Publik

Kamis,11 Februari 2021 DPMPTSP Kabupaten Mesuji berkunjung ke Dpmptsp Kota Metro dalam rangka studi banding dalam rangka persiapan Penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik oleh Ombudsman RI dalam hal ini kunjungan disambut baik oleh Kadis DPMPTSP Kota Metro Edy Pakar,S.H,M.M  didamping Sekretaris Deny Sanjaya,S.T,M.T beserta Kasubbag Perencanaan dan Keuangan, Kabid Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan, Kabid Pengaduan Kebijakan dan Pelaporan Pelayanan, dan Kabid Perencanaan Pengembangan Iklim Promosi dan Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal. Dalam Pertemuan ini membahas Standar Pelayanan sesuai Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

 

 

 

Dalam hal ini Ombudsman RI memposisikan diri sebagai masyarakat pengguna layanan yang ingin mengetahui hak-haknya dalam pelayanan publik, seperti ada atau tidaknya persyaratan pelayanan, kepastian waktu dan biaya, prosedur dan alur pelayanan, sarana pengaduan, pelayanan yang ramah dan nyaman, dan sebagainya tanpa bertanya terlebih dahulu kepada petugas layanan. Penilaian dan pemeriksaan ini tidak menilai bagaimana ketentuan standar pelayanan itu disusun dan ditetapkan melainkan hanya fokus pada atribut standar layanan yang wajib disediakan pada setiap unit pelayanan publik. Media standar pelayanan yang disediakan oleh setiap unit layanan beragam bentuknya, seperti standing banner, brosur, booklet, pamflet, leaflet, media elektronik (website, aplikasi, media sosial) dan sebagainya.

Penilaian ini hanya berfokus pada atribut-atribut standar pelayanan yang sudah terpasang, terpublikasikan, dan terlihat di ruang pelayanan dan media lainnya, hal ini memudahkan masyarakat luas untuk mengakses dan mengetahui standar pelayanan.

 

Leave your comments

Post comment as a guest

0
  • No comments found

Standard Pelayanan Publik

Profil Investasi Kota Metro Provinsi Lampung