SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT SEMESTER II TAHUN 2020

Data akhir kegiatan penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat dari setiap unit pelayanan dengan data kuesioner berjumlah 300 lembar, disusun dengan materi utama sebagai berikut:

Berdasarkan hasil penghitungan Survei Kepuasan masyarakat, jumlah nilai dari setiap unit pelayanan diperoleh dari jumlah nilai rata-rata setiap unsur pelayanan. Adapun nilai survei komposit (gabungan) untuk setiap unit  pelayanan, merupakan jumlah nilai rata-rata dari setiap unsur pelayanan dikalikan dengan penimbang yang sama, yaitu 0,111. Hasil nilai rata-rata unsur dan masing-masing unit pelayanan adalah sebagaimana tabel berikut:

 

NO

 

UNSUR PELAYANAN

NILAI UNSUR PELAYANAN

1.

Persyaratan Pelayanan

3,460

2.

Prosedur Pelayanan

3,313

3.

Waktu Pelayanan

3,313

4.

Biaya/Tarif

3,693

5.

Produk Spesifikasi Jenis Layanan

3,427

6.

Kompetensi Pelayanan

3,633

7.

Perilaku Pelaksana

3,700

8.

Penanganan Pengaduan

3,640

9.

Sarana dan Prasarana

3,913

Maka untuk mengetahui  nilai  survey  unit  pelayanan  dihitung dengan  cara sebagai berikut :

(3,460 x 0,111)  + (3,313  x 0,111)  + (3,313 x 0,111)  + (3,693 x 0,111)   (3,427 x 0,111) + (3,633 x 0,111) + (3,700 x 0,111) + (3,640 x 0,111) + (3,913 x 0,111) = 3,562

Sehingga didapat nilai survei adalah 3,562

Dengan demikian, nilai Survei  Kepuasan  Masyarakat  unit  pelayanan  hasilnya dapat disimpulkan sebagai berikut:

a.     Nilai SKM setelah dikonversi = Nilai Survei x Nilai Dasar 3,562 x 25 = 89,06

b.     Mutu pelayanan A

c.      Kinerja unit pelayanan Sangat Memuaskan.

Leave your comments

Post comment as a guest

0
  • No comments found

Standard Pelayanan Publik

Profil Investasi Kota Metro Provinsi Lampung