Standar Pelayanan Izin Operasional Rumah Sakit Kelas D

Standar Pelayanan Publik Bagian Service Delivery

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Produk pelayanan

Izin Operasional Rumah Sakit Kelas D

2.

Persyaratan Pelayanan

a. Untuk mendapatkan Izin Operasional Rumah Sakit harus

    memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Melakukan Pendaftaran secara Online melalui aplikasi “Sicantik Cloud”;
  2. Surat Permohonan (mengisi formulir) bermaterai 6000;
  3. Fotokopi KTP yang masih berlaku;
  4. Fotokopi NPWP;
  5. Fotokopi Nomor Induk Berusaha (NIB);
  6. BPJS Ketenagakerjaan;
  7. Fotokopi Izin Mendirikan Rumah Sakit;
  8. Profil Rumah Sakit, meliputi visi dan misi, lingkup kegiatan, rencana strategi dan struktur organisasi;
  9. Isian instrumen self assessment sesuai klasifikasi Rumah Sakit yang meliputi pelayanan, sumber daya manusia, peralatan, bangunan dan prasarana;
  10. Gambar desain (blue print) dan foto bangunan serta sarana dan prasarana pendukung;
  11. Izin penggunaan bangunan (IPB) dan sertifikat laik fungsi;
  12. Dokumen pengelolaan lingkungan berkelanjutan;
  13. Daftar sumber daya manusia;
  14. Daftar peralatan medis dan nonmedis;
  15. Daftar sediaan farmasi dan alat kesehatan;
  16. Berita acara hasil uji fungsi peralatan kesehatan disertai kelengkapan berkas izin pemanfaatan dari instalasi berwenang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan untuk peralatan tertentu;
  17. Dokumen administrasi dan manajemen;
  18. Surat keterangan dari Puskesmas setempat;
  19. Pas foto berwarna terbaru 3 x 4 cm 3 lembar;
  20. Surat Kuasa bermaterai (jika dikuasakan);

b.  Untuk mendapatkan Izin Operasional Rumah Sakit Kelas D harus

     memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Sarana dan prasarana;
  2. Peralatan;
  3. Sumber Daya Manusia;
  4. Administrasi dan manajemen;

3.

Sistem, mekanisme, dan prosedur

Pendaftaran Manual

Pendaftaran Online

  1. Pemohon mengajukan pendaftaran izin melalui petugas pelayanan (front office).
  2. Pemohon mengajukan pendaftaran izin secara online dengan mengisi formulir pendaftaran melalui https://sicantikui.layanan.go.id/ dan menyerahkan berkas persyaratan izin.
  3. Pemohon menerima tanda terima berkas elektronik.
  4. Berkas permohonan lengkap, maka berkas akan dilanjutkan ke Tim Teknis untuk mendapatkan Rekomendasi Teknis.
  5. Bila Tim Teknis Memberikan Rekomendasi maka akan dilanjutkan dengan Penetapan Izin, apabila Tim Teknis tidak memberikan rekomendasi maka berkas perizinan akan dikembalikan kepada pemohon untuk diperbaiki.
  6. Pemohon menerima surat izin yang telah ditandatangani dan  surat izin elektronik.
  1. Pemohon mengajukan pendaftaran izin secara online dengan mengisi formulir dan mengupload berkas persyaratan izin melalui portal https://sicantikui.layanan.go.id/.
  2. Pemohon menerima tanda terima berkas elektronik.
  3. Berkas permohonan lengkap, maka berkas akan dilanjutkan ke Tim Teknis untuk mendapatkan Rekomendasi Teknis.
  4. Bila Tim Teknis Memberikan Rekomendasi maka akan dilanjutkan dengan Penetapan Izin, apabila Tim Teknis tidak memberikan rekomendasi
  5. maka berkas perizinan akan dikembalikan kepada pemohon untuk diperbaiki.
  6. Pemohon menerima surat izin yang telah ditandatangani dan  surat izin elektronik.

4.

Jangka waktu penyelesaian

Paling lambat 7 (tujuh) hari kerja sejak permohonan dan persyaratan diterima dengan benar dan lengkap.

5.

Biaya/tarif

Tidak dikenakan retribusi.

6.

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

Sarana yang digunakan dalam penanganan pengaduan, saran dan masukan:

  1. Ruang Pengaduan
  2. E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
  3. HP Pengaduan : 085378299993
  4. Telepon : (0725) 49638,49313
  5. Fax: (0725)49313
  6. Kotak saran/pengaduan
  7. Formulir survey IKM
  8. E-Pengaduan melalui : pmptsp.metrokota.go.id

Tindak lanjut penanganan aduan, saran dan masukan adalah :

  1. Verifikasi aduan;
  2. Mediasi;
  3. Koordinasi dan cek lokasi;
  4. Penyelesaian/Sanksi.

SDM yang mengampu tugas penanganan aduan, saran dan masukan adalah :

  1. 1 orang staf Seksi Pengaduan dan Informasi Layanan;
  2. 1 orang Kasi Pengaduan dan Informasi Layanan;
  3. 1 orang Kabid Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan;
  4. 1 orang OPD Teknis.

Unit yang mengampu tugas penanganan aduan, saran dan masukan adalah Seksi Pengaduan dan Informasi Layanan.

 

Standar Pelayanan Publik Bagian Manufacturing

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

  1. Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  2. Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  3. Undang-Undang Republik Indonesia  Nomor  44  Tahun  2009  Tentang  Rumah Sakit;
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik;
  5. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 26 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Kesehatan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 887);
  6. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit;
  7. Peraturan Walikota Metro Nomor 4 Tahun 2021 tentang Pemberian Praktik, Izin Penyelenggaraan Sarana Pelayanan Kesehatan, Salon Kecantikan, SPA, Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga, Perusahaan Rumah Tangga Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga dan Laik Hygiene;
  8. Peraturan Walikota Metro Nomor 30 Tahun 2020 tentang Pendelegasian Kewenangan Walikota Metro di Bidang Perizinan dan Non Perizinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Metro.

2.

Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas

  1. Ruang tunggu yang representatif dan dilengkapi AC
  2. Parkir Kusus Disabilitas
  3. Kursi Roda
  4. Tempat parkir
  5. Mobil dan sepeda motor dinas
  6. Almari dokumen
  7. Rak arsip
  8. Meja
  9. Kursi
  10. Komputer dan printer
  11. Telepon/Faksimili
  12. Alat tulis kantor
  13. Toilet umum
  14. Jaringan internet
  15. Koran/bahan bacaan
  16. TV
  17. Mushola
  18. Ruang Laktasi dan bermain anak

3.

Jumlah pelaksana

  1. Petugas Front Office 1 orang.
  2. Petugas Back Office  1 orang.
  3. Tim Teknis 1 orang.
  4. Kepala Seksi 1 orang.
  5. Kepala Bidang 1 orang.

4.

Kompetensi Pelaksana

1.  Petugas Front Office :

  1. Berpendidikan minimal SLTA sederajat;
  2. Berpenampilan menarik (senyum, salam, sapa, sopan dan santun);
  3. Mampu mengoperasikan komputer;
  4. Memahami penggunaan aplikasi OSS dan aplikasi Sicantik Cloud;
  5. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan baik;
  6. Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan.

2.  Petugas Back Office 

  1. Berpendidikan minimal SLTA sederajat;
  2. Mampu mengoperasikan komputer;
  3. Memahami penggunaan aplikasi OSS dan aplikasi Sicantik Cloud;
  4. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan baik;
  5. Mampu bekerja dalam Tim.;
  6. Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan.

3. Tim Teknis

  1. Berpendidikan minimal SLTA sederajat;
  2. Berpenampilan menarik (senyum, salam, sapa, sopan dan santun);
  3. Memiliki pengetahuan tentang  perundang-undangan terkait pelayanan publik;
  4. Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan;
  5. Memiliki kemampuan kerjasama tim.

4.  Kepala Seksi

  1. Berpendidikan minimal Strata Satu (S1);
  2. Memiliki pengetahuan tentang perundang-undangan terkait pelayanan publik;
  3. Memiliki pengetahuan mengenai tata kelola pemerintahan yang baik;
  4. Mampu berkoordinasi dengan efektif dan efisien;
  5. Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan;
  6. Memahami penggunaan aplikasi OSS dan aplikasi Sicantik Cloud.

5.   Kepala Bidang

  1. Berpendidikan minimal Strata Satu (S1)
  2. Memiliki pengetahuan tentang perundang-undangan terkait pelayanan publik;
  3. Memiliki pengetahuan mengenai tata kelola pemerintahan yang baik;
  4. Mampu berkoordinasi dengan efektif dan efisien;
  5. Mengetahui tugas, fungsi dan mekanisme pelayanan;
  6. Memahami penggunaan aplikasi OSS dan aplikasi Sicantik Cloud.

5.

Pengawasan internal

  1. Dilakukan oleh atasan langsung.
  2. Dilakukan oleh tim audit internal.
  3. Kepala Dinas melakukan pengawasan secara periodik melalui rapat evaluasi.
  4. Dilakukan langsung oleh Kepala Dinas melalui CCTV maupun aplikasi yang dapat dipantau langsung di ruang kerja Kepala Dinas.

6.

Jaminan pelayanan

  1. Jaminan Kualitas layanan dan produk layanan yang sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) serta didukung petugas yang berkompeten di bidang tugasnya dengan perilaku pelayanan yang ramah, cepat, terampil dan sopan santun.
  2. Jaminan pelayanan yang bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme.

7.

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

  1. Keamanan produk layanan dijamin dengan menggunakan kertas khusus yang berlogo DPMPTSP Kota Metro yang dijamin keasliannya dengan memberikan nomor registrasi yang telah digandakan sebagai arsip kantor.
  2. Surat Izin ditanda tangani secara elektronik yang dijamin oleh Penyelenggara Sertifikasi Elektronik.
  3. Surat Izin dicetak  dengan menggunakan QR Code dan autentifikasi dokumen elektronik dapat diverifikasi melalui scan QR code oleh pemohon.

8.

Evaluasi kinerja Pelaksana

  1. Evaluasi kinerja dilakukan melalui e-Survey Kepuasan Masyarakat (e-SKM) melalui mekanisme pengisian kuesioner oleh pengguna layanan.
  2. Evaluasi penerapan Standar Pelayanan dilakukan minimal 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun untuk selanjutnya dilakukan perbaikan untuk menjaga dan meningkatkan mutu serta kinerja pelayanan

 

Download Standar Pelayanan Izin Operasional Rumah Sakit Kelas D KLIK DI SINI

Standard Pelayanan Publik

Profil Investasi Kota Metro Provinsi Lampung