Laporan Survei IKM Tahun 2017 Semester II
Survei Kepuasan Masyarakat yang dilakukan terhadap Dinas PM dan PTSP Kota Metro menggunakan indikator dan metodologi survei yang sudah ditentukan bertujuan untuk memperoleh indek kepuasan masyarakat (IKM).
Survei ini dilakukan dilakukan per semester dalam tahun 2017.
Penetapan Responden, Lokasi, dan Waktu Pengumpulan Data
Jumlah Responden
Responden dipilih acak, untuk memenuhi akurasi hasil penyusunan indeks, responden terpilih ditetapkan minimal 150 orang dari jumlah populasi penerima pelayanan, dengan dasar (Jumlah Unsur + 1) x 10 = Jumlah Responden (14 + 1) x 10 = 150 responden.
Lokasi dan Waktu Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilakukan di Dinas PM dan PTSP Kota Metro pada saat jam kerja
Waktu Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilakukan pada periode Juli 2017 s.d. Desember 2017
Pengolahan Data dan Penilaian
Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat ( IKM ) dihitung menggunakan rumus :
1. Bobot Nilai Rata –rata tertimbang= Jumlah bobot / Jumlah unsur = 1/14 = 0,071
2. IKM = Jumlah nilai per unsur / jumlah unsur terisi X 0,071
3. Interpretasi = IKM X 25
NILAI PERSEPSI MUTU PELAYANAN DAN KINERJA
Mutu Pelayanan :
A (Sangat Baik) : | 81,26 - 100,00 |
B (Baik) : | 62,51 - 81,25 |
C (Kurang Baik) : | 43,76 - 62,50 |
D (Tidak Baik) : | 25,00 - 43,75 |
Pendapat Responden Tentang Pelayanan Publik Pelayanan Perizinan Dinas PM dan PTSP Kota Metro
No. | UNSUR PELAYANAN | NILAI RATA-RATA |
U1 | Prosedur pelayanan | 3,067 |
U2 | Persyaratan pelayanan | 3,073 |
U3 | Kejelasan petugas pelayanan | 3,060 |
U4 | Kedisiplinan petugas pelayanan | 3,033 |
U5 | Tanggung jawab petugas pelayanan | 3,360 |
U6 | Kemampuan petugas pelayanan | 3,340 |
U7 | Kecepatan pelayanan | 3,240 |
U8 | Keadilan mendapatkan pelayanan | 3,053 |
U9 | Kesopanan dan keramahan petugas | 3,060 |
U10 | Kewajaran biaya pelayanan | 3,047 |
U11 | Kepastian biaya pelayanan | 3,367 |
U12 | Kepastian jadwal pelayanan | 3,353 |
U13 | Kenyamanan lingkungan | 3,080 |
U14 | Keamanan pelayanan | 3,067 |
Dari hasil pengolahan survey Indeks Kepuasan Masyarakat periode Semester II Tahun 2017 , diperoleh nilai IKM setelah dikonversi adalah 78.99, mutu pelayanan B, dan Kinerja Unit Pelayanan kategori baik.