Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Tahun 2018 Semester II
Survei Kepuasan Masyarakat yang dilakukan terhadap Dinas PM dan PTSP Kota Metro menggunakan indikator dan metodologi survei yang sudah ditentukan bertujuan untuk memperoleh indek kepuasan masyarakat (IKM).
Survei ini dilakukan dilakukan per triwulan dalam tahun 2018
Dari hasil pengolahan survey Indeks Kepuasan Masyarakat periode Semester II Tahun 2018 , diperoleh nilai IKM setelah dikonversi adalah 88,89, mutu pelayanan A, dan Kinerja Unit Pelayanan kategori Sangat Baik.
Penetapan Responden, Lokasi, dan Waktu Pengumpulan Data
Jumlah Responden
Responden dipilih acak, untuk memenuhi akurasi hasil penyusunan indeks, responden terpilih ditetapkan minimal 150 orang dari jumlah populasi penerima pelayanan, dengan dasar (Jumlah Unsur + 1) x 10 = Jumlah Responden (14 + 1) x 10 = 150 responden.
Lokasi dan Waktu Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilakukan di Dinas PM dan PTSP Kota Metro pada saat jam kerja
Waktu Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilakukan pada periode Juli 2018 s.d. Desember 2018
Pengolahan Data dan Penilaian
Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat ( IKM ) dihitung menggunakan rumus :
1. Bobot Nilai Rata –rata tertimbang= Jumlah bobot / Jumlah unsur = 1/9 = 0,11
2. IKM = Jumlah nilai per unsur / jumlah unsur terisi X 0,11
3. Interpretasi = IKM X 25
NILAI PERSEPSI MUTU PELAYANAN DAN KINERJA
Mutu Pelayanan :
A (Sangat Baik) : | 81,26 - 100,00 |
B (Baik) : | 62,51 - 81,25 |
C (Kurang Baik) : | 43,76 - 62,50 |
D (Tidak Baik) : | 25,00 - 43,75 |
Pendapat Responden Tentang Pelayanan Publik Pelayanan Perizinan Dinas PM dan PTSP Kota Metro
No. | UNSUR PELAYANAN | NILAI RATA-RATA |
U1 | Persyaratan | 3,547 |
U2 | Prosedur | 3,440 |
U3 | Waktu Pelayanan | 3,407 |
U4 | Biaya/Tarif | 3,753 |
U5 | Produk Layanan | 3,420 |
U6 | Kompetensi Pelaksana | 3,453 |
U7 | Perilaku Pelaksana | 3,607 |
U8 | Penanganan Pengaduan | 3,433 |
U9 | Sarana dan Prasarana | 3,973 |
Dari hasil pengolahan survey Indeks Kepuasan Masyarakat periode Semester II Tahun 2017 , diperoleh nilai IKM setelah dikonversi adalah 88.89, mutu pelayanan A, dan Kinerja Unit Pelayanan kategori sangat baik.