Laporan Survei IKM Tahun 2018 Semester II

Laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Tahun 2018 Semester II

Survei Kepuasan Masyarakat yang dilakukan terhadap Dinas PM dan PTSP Kota Metro menggunakan indikator dan metodologi survei yang sudah ditentukan bertujuan untuk memperoleh indek kepuasan masyarakat (IKM).

Survei ini dilakukan dilakukan per triwulan dalam tahun 2018

 Dari hasil pengolahan survey Indeks Kepuasan Masyarakat periode Semester II Tahun 2018 , diperoleh nilai IKM setelah dikonversi adalah 88,89, mutu pelayanan A, dan Kinerja Unit Pelayanan kategori Sangat Baik.

 

Penetapan Responden, Lokasi, dan Waktu Pengumpulan Data

 

Jumlah Responden

Responden dipilih acak, untuk memenuhi akurasi hasil penyusunan indeks, responden terpilih ditetapkan minimal 150 orang dari jumlah populasi penerima pelayanan, dengan dasar (Jumlah Unsur + 1) x 10 = Jumlah Responden (14 + 1) x 10 = 150 responden.

Lokasi dan Waktu Pengumpulan Data

Pengumpulan data dilakukan di Dinas PM dan PTSP Kota Metro pada saat jam kerja

Waktu Pengumpulan Data

Pengumpulan data dilakukan pada periode  Juli 2018 s.d. Desember 2018

Pengolahan Data dan Penilaian

Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat ( IKM ) dihitung menggunakan rumus :

1. Bobot Nilai Rata –rata tertimbang= Jumlah bobot / Jumlah unsur = 1/9 = 0,11

2. IKM = Jumlah nilai per unsur / jumlah unsur terisi X 0,11

3. Interpretasi = IKM X 25

NILAI PERSEPSI MUTU PELAYANAN DAN KINERJA

Mutu Pelayanan :

A (Sangat Baik) : 81,26 - 100,00
B (Baik) : 62,51 - 81,25
C (Kurang Baik) : 43,76 - 62,50
D (Tidak Baik) : 25,00 - 43,75

Pendapat Responden Tentang Pelayanan Publik Pelayanan Perizinan  Dinas PM dan PTSP Kota Metro

No. UNSUR PELAYANAN NILAI RATA-RATA
U1 Persyaratan 3,547
U2 Prosedur 3,440
U3 Waktu Pelayanan 3,407
U4 Biaya/Tarif 3,753
U5 Produk Layanan 3,420
U6 Kompetensi Pelaksana 3,453
U7 Perilaku Pelaksana 3,607
U8 Penanganan Pengaduan 3,433
U9 Sarana dan Prasarana 3,973

 

Dari hasil pengolahan survey Indeks Kepuasan Masyarakat periode Semester II Tahun 2017 , diperoleh nilai IKM setelah dikonversi adalah 88.89, mutu pelayanan A, dan Kinerja Unit Pelayanan kategori sangat baik.