19 July 2022

Data akhir kegiatan penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat dari setiap unit pelayanan dengan data kuesioner berjumlah 300 lembar, disusun dengan materi utama sebagai berikut:

            1.     Survei per unsur pelayanan

Berdasarkan hasil penghitungan Survei Kepuasan masyarakat, jumlah nilai dari setiap unit pelayanan diperoleh dari jumlah nilai rata-rata setiap unsur pelayanan. Adapun nilai survei komposit (gabungan) untuk setiap unit  pelayanan, merupakan jumlah nilai rata-rata dari setiap unsur pelayanan dikalikan dengan penimbang yang sama, yaitu 0,111. Hasil nilai rata-rata unsur dan masing-masing unit pelayanan adalah sebagaimana tabel berikut:

 

NO

 

UNSUR PELAYANAN

NILAI UNSUR PELAYANAN

1.

Persyaratan Pelayanan

3,040

2.

Prosedur Pelayanan

3,027

3.

Waktu Pelayanan

3,040

4.

Biaya/Tarif

3,960

5.

Produk Spesifikasi Jenis Layanan

3,900

6.

Kompetensi Pelayanan

3,893

7.

Perilaku Pelaksana

3,007

8.

Penanganan Pengaduan

3,887

9.

Sarana dan Prasarana

3,520


Maka untuk mengetahui  nilai  survey  unit  pelayanan  dihitung dengan  cara sebagai berikut :

(3,040 x 0,111)  + (3,027  x 0,111)  + (3,040 x 0,111)  + (3,960 x 0,111)  +  (3,900 x 0,111) + (3,893 x 0,111) + (3,007 x 0,111) + (3,887 x 0,111) + (3,520 x 0,111) = 3,471

Sehingga didapat nilai survei adalah 3,471

Dengan demikian, nilai Survei  Kepuasan  Masyarakat  unit  pelayanan  hasilnya dapat disimpulkan sebagai berikut:

a.     Nilai SKM setelah dikonversi = Nilai Survei x Nilai Dasar = 3,471 x 25 = 86,78

b.     Mutu pelayanan A

c.      Kinerja unit pelayanan Sangat Memuaskan.


2.    Prioritas peningkatan kualitas pelayanan


Dalam peningkatan kualitas pelayanan, diprioritaskan pada unsur yang mempunyai nilai paling rendah, sedangkan unsur yang mempunyai nilai cukup tinggi harus tetap dipertahankan.

No

Unsur Pelayanan

NRR per Unsur

NRR tertimbang per Unsur

1

Persyaratan Pelayanan

3,040

0,337

2

Prosedur Pelayanan

3,027

0,335

3

Waktu Pelayanan

3,040

0,337

4

Biaya/Tarif

3,960

0,439

5

Produk Spesifikasi Jenis Layanan

3,900

0,432

6

Kompetensi Pelayanan

3,893

0,432

7

Perilaku Pelaksana

3,007

0,333

8

Penanganan Pengaduan

3,887

0,431

9

Sarana dan Prasarana

3,520

0,390

Nilai Indeks

3,471

Nilai Indeks setelah dikonversi (NI x 25)

86,785

Tabel 3.    Nilai Rata-rata (NRR) dan Survei Kepuasan Masyarakat

                   (SKM)


Rata-rata nilai dari suatu unsur pelayanan menunjukkan penilaian masyarakat terhadap unsur pelayanan tersebut. Unsur- unsur pelayanan dengan nilai rata-rata atau nilai interval SKM 3,532 - 4,00 atau Sangat Baik merupakan unsur-unsur pelayanan yang perlu dipertahankan, yaitu

1.     Persyaratan Pelayanan

2.     Biaya/Tarif